PT Inka Segera Luncurkan Trem Bertenaga Baterai

Delegasi dari Angola menjajal trem bertenaga baterai buatan PT Inka, Kamis (22/8/2019). - (Madiunpos.com/AbdulJalil)
27 Agustus 2019 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dalam waktu dekat PT Industri Kereta Api (Inka) bakal luncurkan kereta terbaru mereka yaitu trem bertenaga baterai. Saat ini kereta tersebut masih menjalani uji kekuatan baterai. 

Madiunpos.com berkesempatan menaiki trem baterai ciptaan PT Inka itu bersama sejumlah delegasi dari negara Angola, Kamis (22/8/2019). Kereta tersebut terdiri atas dua gerbong. Saat bergerak, laju kereta tersebut cenderung lebih halus dan tidak berisik seperti kereta dengan lokomotif. Di dalam gerbong itu terdapat tempat duduk bagi penumpang dan tempat pegangan tangan di atas untuk penumpang yang berdiri. 

Direktur Utama PT Inka, Budi Noviantoro, mengatakan ide perakitan kereta trem baterai ini sudah dimulai Inka setahun lalu. Saat ini inovasi pengembangan teknologi kereta tersebut telah selesai dan siap untuk dipasarkan. 

Dia menuturkan saat ini kereta itu masih menjalani uji coba kekuatan baterai. Akan dilakukan uji coba 20 sampai 30 kali perjalanan pulang pergi (PP) untuk mengetahui kekuatan baterai. 

"Saya ingin menguji kekuatan baterainya terlebih dahulu. Untuk sistemnya sudah jalan," kata dia. 

Budi mengatakan desain trem itu merupakan hasil karya anak-anak muda PT Inka. Ia menyebut kereta trem baterai ini bakal menjadi salah satu alat transportasi masal yang efektif dan murah. 

Kereta trem baterai ini sangat cocok untuk kereta penumpang di kawasan perkotaan. Saat ini kereta tersebut belum diproduksi secara massal. Namun, begitu seluruh uji coba selesai, baru akan diluncurkan. Trem ini akan menjadi salah satu produk kereta murah yang diproduksi PT Inka.