Ajak Makan Bareng, Bupati Madiun Jamin Keselamatan Warga Papua

Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, makan malam bersama anak-anak Papua di rumah dinas bupati, Senin (19/8/2019). - (Madiunpos.com/AbdulJalil)
20 Agustus 2019 11:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Bupati Madiun, Ahmad Dawami Ragil Saputro, mengumpulkan warga Papua di Kabupaten Madiun, Senin (19/8/2019) malam di Pendapa Muda Graha Madiun. Dalam kesempatan itu, Bupati memastikan keselamatan warga Papua yang ada di Madiun. 

Setidaknya ada 33 warga Papua yang ada di Kabupaten Madiun. Mereka merupakan para pelajar yang sedang menimba ilmu di sejumlah sekolah di Madiun. 

"Saya pastikan saudara-saudara Papua yang ada di Madiun aman. Itu menjadi tanggung jawab kita bersama," kata Kaji Mbing, sapaan akrab bupati. 

Kaji Mbing mengajak warga Papua yang ada di Madiun untuk kumpul dan menyanyi bersama. Ini menjadi pesan dari para warga Papua di sini kepada kepada keluarga mereka bahwa mereka di sini aman. 

"Kami tidak ingin warga Papua yang ada di Madiun terpengaruh dari luar. Untuk itu kami ajak ketemu dan ngobrol yang baik-baik. Di Madiun mereka bahagia," ujarnya. 

Di tengah kondisi tak harmonis antara warga Papua dengan aparat pemerintah di beberapa daerah Jawa Timur seperti di Surabaya dan Malang, Kaji Mbing berharap Madiun tidak terkena imbas. Ia ingin wilayahnya tetap aman dari segala upaya disintegrasi bangsa.

Di rumah dinas bupati itu, puluhan anak dari Papua tersebut bersantap bersama Bupati, Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono, dan sejumlah pejabat pemkab. Mereka juga menyanyi bersama diiringi gitar. Pelajar-pelajar dari Papua itu pula yang melantunkan berbagai lagu nasional dan lagu daerah Papua.