11 Hewan Kurban di Madiun Terkontaminasi Cacing Hati

Petugas dari Disperta Kota Madiun memeriksa hati hewan kurban, Minggu (11/8/2019). - (Istimewa/Pemkot Madiun)
12 Agustus 2019 13:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebelas hewan kurban yang disembelih di Kota Madiun positif terkena cacing pita. Dari sebelas ekor itu terdiri atas delapan ekor sapi dan tiga ekor kambing. 

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta) Kota Madiun, Cahyarini Budiarti, mengatakan pihaknya mengerahkan 12 petugas untuk memantau 62 lokasi penyembelihan hewan kurban di Kota Madiun, Minggu (11/8/2019).


Dari 62 lokasi itu, ada 224 ekor sapi dan 404 ekor kambing yang disembelih. Seluruh hewan kurban itu juga telah menjalani pemeriksaan petugas. 

"Dari pemeriksaan itu, kami temukan delapan ekor sapi dan tiga ekor kambing yang positif terkena cacing hati," kata dia. 

Cahyarini menuturkan jati hewan yang terkena cacing hati itu masih bisa dikonsumsi. Asalkan tingkat kontaminasi cacing hatinya kecil. Namun, saat tingkat kontaminasi cacing hatinya tinggi, lebih baik hati hewan tersebut dibuang dan jangan dikonsumsi. 

Lebih lanjut, hewan yang terkontaminasi cacing hati ini tidak tampak pada ciri-ciri fisiknya dari luar. Petugas baru bisa mengetahuinya setelah hewan disembelih dan memeriksanya di bagian hati. 

"Kalau terkontaminasi cacing hati. Ya hatinya saja yang dibuang. Untuk dagingnya bisa dikonsumsi," ujarnya. 

Hewan yang terkontaminasi cacing hati bisa disebabkan oleh pakannya. Biasanya cacing hati ini menyerang sapi dan jarang ditemukan pada kambing. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)