Pembangunan Berlanjut, Menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten Segera Dibuka untuk Umum

Pedagang melintas di depan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Senin (5/8 - 2019). (Solopos/Ponco Suseno)
06 Agustus 2019 17:45 WIB Ponco Suseno Madiun Share :

Solopos.com, KLATEN – Pembangunan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten dipastikan berlanjut di tahun anggaran (TA) 2019. Di waktu sebelumnya, pembangunan menara masjid tersebut sempat gagal lelang sebanyak dua kali.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perwaskim) Klaten, Pramana Agus Wijanarka, kepada solopos.com, Senin (5/8/2019), menyatakan pembangunan lanjutan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten merupakan salah satu proyek di bawah Rp1 miliar yang sempat mengalami gagal lelang.

“Kegagalan proses lelang lanjutan pembangunan menara Masjid Agung Al Aqsha itu karena tidak adanya peminat lelang. Mungkin karena keuntungan yang diperoleh sedikit. Di samping itu, spesifikasi yang kami pasang dinilai terlalu tinggi. Lantaran sudah dua kali gagal lelang, kami lakukan penunjukan langsung,” kata Pramana Agus Wijanarka.

Pramana Agus Wijanarka mengatakan pembangunan lanjutan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten, di antaranya meliputi perbaikan plafon dan keramik. Pembangunan tersebut termasuk perbaikan mesin lift menuju ke gardu pandang.

“Setelah pembangunan lanjutan itu, harapannya menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten sudah dapat digunakan [dibuka untuk umum],” katanya.

Berdasarkan penelusuran solopos.com, kontraktor yang akan mengerjakan lanjutan pembangunan menara Masjid Agung Al Aqsha Klaten, yakni CV Wahyu Kembar Abadi Ngawen, Klaten. Pagu paket proyek tersebut senilai Rp892 juta. Hasil negosiasi, proyek dengan metode penunjukan langsung itu menjadi senilai Rp780,1 juta.

“Kalau sudah jadi, saya pastikan menara masjid dibuka untuk umum,” kata Bupati Klaten, Sri Mulyani.