331 CPNS Pemkab Madiun Digembleng di Pusat Latihan Tempur

Para CPNS Pemkab Madiun rekrutmen 2018 berkumpul sebelum diberangkatkan ke Puslatpurmar 4 Purboyo Malang untuk menjalani pendidikan Birokrasi Pancasila, Senin (29/7 - 2019). (Istimewa/Pemkab Madiun)
30 Juli 2019 09:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 331 CPNS Pemkab Madiun tahun rekrutmen 2018 diberangkatkan untuk mengikuti diklat pendidikan karakter dasar menuju birokrasi Pancasila. Diklat dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Marinir 4/Purboyo (Puslatpurmar 4 Purboyo) Malang pada 29 Juli-4 Agustus 2019.

Pemberangkatan para peserta pendidikan dasar CPNS ini dilakukan oleh Wakil Bupati Madiun, Hari Wuryanto, di Pendapa Ronggo Djumeno, Senin (29/7/2019).

Dia mengatakan ASN memiliki fungsi dan tugas sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan pemersatu bangsa. Selain itu, ASN juga menjadi sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggara tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional.

"Tentunya harus bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme," kata dia.

Untuk menciptakan birokrasi yang Pancasialis, kata Hari Wuryanto, Pemkab Madiun menyiapkan pelatihan dasar untuk CPNS masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangn integritas dan motivasi serta nasionalisme dan karakter kebangsaan.

Para peserta latihan dasar ini akan dikirim ke pusat latihan tempur marinir di Malang. Dengan harapan akan menjadi birokrat yang Pancasilais dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai pribadi, anggota masyarakat, maupun ASN di lingkungan Pemkab Madiun.

"ASN itu harus menguasai kompetensi seperti pengetahuan, keterampilan, sikap/perilaku yang dapat diamini, diukur, dan dikembangkan dalam melaksanakan tugas jabatannya. ASN juga harus berpegang pada budaya malu," jelas dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya