Tower Poros Maritim, Pusat Bisnis Baru Berlokasi di Surabaya

Dirut Pelindo III Doso Agung (kanan) berbincang dengan Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Selasa (2/7 - 2019). (Bisnis/Peni Widarti)
03 Juli 2019 06:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Proyek gedung perkantoran Tower Poros Maritim di Kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya , Jawa Timur, digadang-gadang bisa menjadi pusat bisnis baru sektor maritim di kawasan Indonesia Timur pada 2020.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III, Doso Agung, mengatakan gedung perkantoran tersebut memiliki ketinggian 23 lantai. Dari total lantai tersebut, sebanyak 40% bakal dihuni oleh grup Pelindo III atau dari lantai 16 hingga lantai 23.

“Sedangkan 16 lantai ke bawah itu yang akan disewakan, dan hingga kini sudah ada 15% yang menyatakan minat untuk menyewa misalnya seperti dari sektor perbankan dan perusahaan sektor pelayaran,” jelasnya seusai acara Topping Off Tower Poros Maritim, Selasa (2/7/2019).

Doso Agung menjelaskan sebelumnya gedung yang bernama Pelindo Place kini menjadi Tower Poros Maritim agar bisa menjadi ikon maritim bagi Indonesia Timur, atau lebih luas bagi Indonesia karena posisi Tanjung Perak berada di bagian tengah Indonesia.

“Dari nama Pelindo Place menjadi Tower Poros Maritim ini supaya jadi ikon. Bangunan kalau sekadar bangunan dan tidak bisa menginspirasi kita kan nilainya berkurang. Nah ini kami ingin bangunan ini bisa menginspirasi bagaimana mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim,” jelasnya.

Tower Poros Maritim memiliki konsep smart and eco-green yang didesain punya akses teknologi informasi (TI) terintegrasi mulai dari pelayanan kepelabuhan hingga Bea Cukai sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan customer dalam satu atap dengan cepat.

Selain itu, gedung dengan nilai investasi sekitar Rp400 miliaran ini bakal memiliki ruang terbuka hijau, entertainment, coffee shop dan restaurant guna menyediakan kebutuhan para penghuni ruang kantor. Gedung ini nantinya juga akan dioperasikan oleh anak usaha Pelindo III di bidang properti PT Pelindo Properti Indonesia (PPI).

“Nantinya setelah penghuni di kantor pusat dipindah ke tower ini, maka kantor pusat akan dijadikan fungsi pelayanan Tanjung Perak,” imbuh Doso.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Bisnis.com