KONI Ponorogo Targetkan Raup 23 Medali di Porprov Jatim 2019

Ilustrasi medali kejuaraan olahraga. (Gloceries.asda.com)
28 Juni 2019 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Ponorogo menargetkan para atlet asal Kota Reog masuk sepuluh besar dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 dengan meraih 23 medali.

Ketua KONI Ponorogo Sugeng Prawoto mengatakan KONI Ponorogo akan memberangkatkan 97 atlet terpilih di ajang olahraga bergengsi se-Jatim itu. Pada ajang ini, para atlet dipasang target untuk meraih 23 medali yaitu enam medali emas, sebelas medali perak, dan enam medali perunggu.

"Kami mohon restu dan doa seluruh warga Ponorogo untuk dapat meraih target ini. Dengan begitu, KONI Ponorogo bisa masuk 10 besar peringkat KONI di Jatim. Lebih baik dari peringkat saat ini yang masuk 14 besar," jelas dia saat pamitan atlet Porprov Jatim kepada Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Rabu (26/6/2019).

Porprov Jatim VI tahun 2019 yang bertempat di Lamongan, Tuban, Gresik, dan Bojonegoro pada 6-13 Juli 2019. Pada ajang ini, KONI Ponorogo mengirim 97 atlet dan 40 official.

Puluhan atlet ini akan terjun di 14 cabang olahraga seperti taekwondo, sepatu roda, aeromodelling, atletik, bulutangkis, menembak, judo, catur, pencak silat, panahan, voli, panjat tebing, dan paralayang.

"KONI Ponorogo absen di tiga cabor yaitu sepak bola, futsal, dan basket. Ini karena tidak lolos pada pra-kualifikasi Porprov VI," ujar dia dalam siaran pers yang dikutip Madiunpos.com, Kamis (27/6/2019).

Sebagai motivasi para atlet, kata dia, KONI Ponorogo telah menyiapkan penghargaan kepada atlet yang mampu meraih prestasi berupa medali.

Untuk peraih medali emas akan diberikan penghargaan khusus berupa uang senilai Rp15 juta. Sedangkan untuk peraih medali lain beserta pelatihnya akan diperhitungkan nantinya.

“Alhamdulillah, dari pihak swasta ada yang kesanggupan memberikan tambahan penghargaan. Yaitu bagi cabor yang atletnya meraih medali melebihi target yang disepakati antara cabor dan KONI Ponorogo akan ada tambahan. Peraih tambahan emas sebesar Rp5 juta, tambahan perak sebesar Rp3,5 juta dan peraih tambahan perunggu sebesar Rp2,5 juta,” imbuh Sugeng.

Lebih lanjut, dia menuturkan untuk cabor yang diharapkan meraih medali emas adalah judo sebanyak satu medali emas, pencak silat dua medali emas, dan panahan ditarget tiga emas dan satu perak. Sedangkan cabor lain memiliki target yang bervariasi antara perak dan perunggu.

"Para atlet dari KONI Ponorogo beserta pelatih dan ofisialnya yang menjadi kontingen Porprov VI telah diasuransikan. KONI telah menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Ponorogo," jelas dia.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menuturkan Pemkab Ponorogo akan memberikan bonus uang pembinaan bagi seluruh atlet jika mampu masuk lima besar dalam ajang Porprov VI Jatim pada 6-13 Juli mendatang.

Pemberian bonus ini bisa menjadi motivasi bagi para atlet untuk menampilkan yang terbaik dalam ajang itu.

"Kalau nanti kontingen Ponorogo bisa masuk lima besar. Bukan harus juara satu ya, karena saya tidak muluk-muluk, maka seluruh atlet akan diberikan bonus," ujarnya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya