Hepatitis A di Pacitan Meluas, Penderita Tembus 701 Orang

Ilustrasi Kesehatan (Solopos - Whisnupaksa)
26 Juni 2019 17:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, PACITAN -- Jumlah penderita Hepatitis A di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, terus bertambah. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mencatat angka penderita penyakit yang disebabkan virus itu menembus 701 orang.

Selain menyerang warga di 3 kecamatan wilayah timur, penyakit peradangan pada hati itu merambah utara yakni Kecamatan Arjosari dan Tegalombo.

"Laporan terakhir yang masuk ke data Dinas Kesehatan sampai hari ini sudah mencapai 701 [penderita]," terang kepala Dinkes Pacitan, dr. Eko Budiono kepada wartawan saat mendampingi Bupati Pacitan Indartato membesuk pasien di RSUD dr. Darsono, Rabu (26/6/2019) siang.

Jumlah penderita tertinggi di Kecamatan Sudimoro, yakni 436 orang. Di urutan kedua di Ngadirojo 117 penderita. Berikutnya Desa Sukorejo 53 orang, Tulakan 49 orang, Desa Wonokarto 25 orang, dan Bubakan 15 orang. Urutan berikutnya adalah Tegalombo dan Arjosari masing-masing 4 dan 2 penderita.

Menurut Eko Budiono, pihaknya berupaya memutus mata rantai penularan Hepatitis A dengan menerjunkan tim ke wilayah penularan. Para petugas, ungkap dia, melakukan kaporitisasi pada air yang dikonsumsi warga. Tenaga promosi kesehatan juga bertugas mendidik masyarakat terkait pola hidup bersih.

Hal ini seperti cara cuci tangan menggunakan sabun. Terutama saat hendak menjamah makanan dan usai dari kamar kecil.

"Kami masih memikirkan nanti untuk vaksinasi bagi petugas kesehatan bagi mereka yang risiko tinggi," tandasnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Detikcom