Warga Kediri Temukan Arca Ganesha Saat Bikin Fondasi

Arca Ganesha yang ditemukan di Kediri. (Detikcom)
17 Juni 2019 22:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI -- Warga menemukan sebuah arca kuno yang diyakini arca Ganesha di Dusun Kewagean, Desa Krenceng, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Arca itu ditemukan warga di lokasi yang sedang dibangun fondasi rumah, Sabtu (15/6/2) sore.

Arca kuno berukuran tinggi sekitar 33 cm, lebar 19 cm, tebal arca 13 cm, itu mirip dengan lambang kebesaran Kediri. Arca tersebut diperkirakan berusia ratusan tahun. 

Dilansir Detikcom, arca Ganesha tersebut awalnya ditemukan salah satu warga setempat bernama Prianto, 48, yang sedang mengerjakan pembangunan septic tank serta pondasi rumah warga Damarwulan, Kecamatan Kepung.

"Saya sedang membangun dan menggali buat septic tank serta fondasi rumah, tiba tiba menemukan sebuah benda keras, kemudian saya bongkar pelan pelan, ternyata ada arca. Saya lapor perangkat desa," ucap Prianto, Minggu (16/6/2019).

Prianto mengatakan tidak ada firasat sebelumnya saat menggali septic tank tersebut. Bagi Prianto temuannya tersebut sempat membuat dirinya waswas dan takut karena arca termasuk benda purbakala.

"Saya sempat gemetar mas, karena arca kan benda purbakala, saya gali saat mencapai sekitar 2 Meter, saya temukan bata dan arca relief seperti Ganesha," Imbuh Prianto.

Sementara itu, Pemkab Kediri meminta warga dan sejumlah elemen masyarakat untuk ikut menjaga arca Ganesha yang baru saja ditemukan. 

"Temuan candi maupun arca di wilayah Kabupaten Kediri menunjukkan kekayaan warisan budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Kediri, oleh karena itu harus dijaga oleh semua elemen masyarakat," ujar Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan. Senin (17/6/2019), .

Krisna mengatakan saat ini Pemkab Kediri tengah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Detikcom