Konsumsi Elpiji 3 Kg Jatim Naik Pesat, Puncaknya di Tanggal Ini

Ilustrasi elpiji melon 3 kg. (Solopos/Dok)
09 Juni 2019 16:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Tingkat konsumsi elpiji ukuran 3 kg di Jawa Timur selama Ramadan dan perayaan Idulfitri 1440 Hijriah naik hingga puncaknya meningkat 21 persen dibandingkan konsumsi harian normal. Angka itu lebih tinggi ketimbang prediksi semula yang mencapai 20 persen.

Unit Manager Communication dan CSR Pertamina MOR V Jatim Bali dan Nusa Tenggara, Rustam Aji, mengatakan sesuai hasil evaluasi dan pantauan, kenaikan tertinggi terjadi pada Senin (3/6/2019) atau H-2 Lebaran.

Dia membeberkan kenaikan tertinggi mencapai 21 persen dengan penyaluran mencapai 4.585 metric ton (MT), dari rata-rata harian sekitar 3.780 MT atau sekitar 1,26 juta tabung per hari.

"Sejak Satgas dicanangkan, tren konsumsi elpiji 3 kg memang mengalami kenaikan, di mana puncaknya terjadi pada Senin lalu, dengan penyaluran setara 1,5 juta tabung 3 kg, naik 21 persen dari normal," kata Rustam di Surabaya, Sabtu (8/6/2019).

Dia menjelaskan secara kumulatif, selama sebulan Ramadan terjadi peningkatan elpiji 3 kg di Jawa Timur sebesar 7 persen, sesuai prediksi Pertamina.

"Kami juga telah mengantisipasi kenaikan hingga 9 persen dari rata-rata harian normal. Hal ini dipicu dengan tren masyarakat yang mulai melakukan kegiatan memasak selama Ramadan, khususnya menjelang Hari Raya Idulfitri," katanya kepada wartawan.

Rustam menambahkan Tim Satgas Pertamina akan tetap bekerja sampai dengan H+15 Lebaran dengan terus memonitor distribusi dan penjualan elpiji 3 kg di lapangan, sehingga dapat dipastikan ketersediaan stok di jalur distribusi resmi Pertamina aman.

Rustam mengatakan Pertamina MOR V juga mengoptimalkan stok di enam depot dan Kilang elpiji serta seluruh SPPBE yang ada di Jatim dengan berkoordinasi dengan lembaga penyalur untuk mengaktifkan agen dan pangkalan siaga.

Sementara itu, jumlah agen siaga di Jatim mencapai 352 untuk elpiji 3 kg, dan pangkalan siaga elpiji 3 kg mencapai 3.800, termasuk SPBU yang menyediakan elpiji 3 kg.

"Kami mengimbau masyarakat untuk membeli elpiji di agen dan Pangkalan Resmi Pertamina, agar mendapat harga yang sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan di masing-masing pemerintah setempat dan jika ingin menanyakan mengenai ketersediaan produk elpiji 3kg dapat dengan menelpon kontak Pertamina 135," katanya.

Sumber : Antara