Gubernur-Wagub Jatim Salat Id di Surabaya Saja

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Antara/Fiqih Arfani)
05 Juni 2019 05:45 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA — Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya Emil Elestianto Dardak dijadwalkan menjalankan salat id di Surabaya saja pada Idulfitri, 1 Syawal 1440 H. Keduanya dijadwalkan hadir di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Rabu (5/6/2019).

“Saya salat id di Masjid Al Akbar,” ujar Gubernur Khofifah kepada wartawan di Surabaya, Selasa (4/6/2019).

Sedangkan, Emil Dardak juga telah mengonfirmasi akan hadir di salah satu masjid terbesar di Tanah Air tersebut bersama istri, Arumi Bachsin. “Saya dan istri salat id di Al Akbar, dan ini pengalaman pertama kami,” ucap Emil.

Di Masjid Al Akbar, yang bertindak sebagai imam salat id adalah K.H. Abdul Hamid Abdullah selaku imam besar masjid setempat, kemudian selaku katib akan tampil Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Prof. Masdar Hilmy.

“Tema kutbah yang disampaikan katib adalah Ramadan dan Penguatan Semangat Rekonsiliasi Nasional,” ungkap Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Al Akbar, Helmy M Noor, ketika dimintai konfirmasi secara terpisah.

Diperkirakan, jumlah jemaah yang akan mengikuti salat id di masjid itu mencapai 60.000 orang atau sesuai kapasitas masjid. Pengelola, kata dia, sudah menyediakan lahan parkir di luar masjid jika parkir area dalam tidak mencukupi, antara lain di parkir utara Kantor PWNU Jatim, lapangan samping gereja, dan halaman SMP Negeri 22. “Salat id dimulai pukul 06.00 WIB,” katanya.

Sementara itu, sehari menjelang salat id atau saat malam takbiran, gubernur dan wakilnya, beserta sejumlah pejabat seperti Kapolda Jatim Irjen Pol. Luki Hermawan serta Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi mengikuti gema takbir. Kegiatan tersebut digelar Selasa malam mulai pukul 18.30 WIB atau setelah jemaah salat Isya dan terbuka untuk umum.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara