Berbahaya! Pemudik Lewat Tol Harap Waspadai Microsleep

Ilustrasi mudik. (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
31 Mei 2019 20:15 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono mengimbau kepada para pemudik yang melalui tol untuk lebih berhati-hati dan jaga kecepatan saat melaju. Selain itu, para pemudik juga harus mewaspadai kondisi microsleep atau tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat.

"Di jalan tol ini cukup rawan kecelakaan. Yang perlu diwaspadai pengemudi di jalan tol itu kondisi yang kita kenal dengan istilah microsleep. Microsleep itu tertidur sesaat 30 detik sampai 1 menit. Tiba-tiba mata kita melek dan kurang sadar kalau sedang mengemudi," kata Ruruh, Jumat (31/5/2019).

Kondisi microsleep ini, ungkap dia, sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, Ruruh meminta kepada seluruh pemudik yang mengantuk supaya bisa beristirahat di rest area.

Dia mengingatkan supaya para pemudik tidak memaksakan saat kondisi badannya sudah lelah dan mengantuk. "Kalau mengemudinya bersama teman, ya gantian nyetir-nya. Diajak ngobrol temannya saat perjalanan," ujarnya.

Kalau memang benar-benar sudah tidak kuat saat di perjalanan dan tidak menemukan rest area, urai dia, pengemudi bisa sejenak istirahat di pinggir jalan. Setelah bugar baru melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Madiun, AKP Imam Mustolih, menambahkan titik rawan laka yang perlu diwaspadai yaitu di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Desa Garon, Balerejo, atau pintu keluar Exit Tol Dumpil belok ke kiri.

"Kami akan menambah rambu-rambu di jalan tol. Kami berharap pemudik bisa mematuhi kecepatan di jalan tol. Jangan sampai over speed," terang Imam. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya