Harga Kolang-kaling di Madiun Naik Jadi Rp24.000/Kg

Warga membeli kolang kaling di salah satu kios di Pasar Besar Madiun, Kamis (23/5 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
24 Mei 2019 04:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Harga kolang-kaling saat Ramadan di Madiun naik dari sebelumnya Rp18.000/kg kini mencapai Rp24.000/kg. Permintaan buah enau yang sudah dikupas --biasanya untuk campuran kolak maupun es-- itu juga meningkat selama Bulan Puasa.

Penjual kolang-kaling di Pasar Besar Madiun, Slamet, mengatakan sejak hari pertama puasa, permintaan kolang-kaling sudah meningkat. Kenaikan permintaan kolang-kaling mencapai hampir 100% dibandingkan hari biasa.

"Untuk harga tergantung barangnya. Tapi pada saat Ramadan ini memang ada kenaikan harga. Sebelumnya hanya Rp18.000/kg," kata dia, Kamis (23/5/2019).

Slamet menuturkan kebanyakan pembeli kolang-kaling adalah ibu rumah tangga dan pelaku usaha minuman. Selain kolang-kaling, komoditas yang juga ramai diburu masyarakat yakni cendol dan agar-agar untuk campuran es.

Pedagang kolang-kaling lainnya, Mulyono, mengatakan banyak warga berburu kolang-kaling untuk melengkapi sajian berbuka puasa.

"Dibandingkan hari biasa ya untuk permintaan lebih banyak saat ini. Selain kolang-kaling, yang ramai dibeli masyarakat yaitu jeli," ujarnya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya