Sopir dan Awak Bus AKAP Jalani Tes Kesehatan Dadakan di Pacitan

Tes urine. (Solopos/Nicolous Irawan)
21 Mei 2019 17:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, PACITAN -- Puluhan sopir bus yang melintas di terminal bus Jl. Gatot Subroto Pacitan, Selasa (21/5/2019), diminta mengikuti tes kesehatan yang digelar polres setempat. Pemeriksaan diberlakukan tak hanya bagi pengemudi tapi juga awak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pemeriksaan medis tersebut meliputi tes kadar gula dan tekanan darah. Tidak itu saja, mereka juga diwajibkan mengambil sampel urine. Selanjutnya petugas kesehatan melakukan uji lab untuk mengetahui kemungkinan penyalahgunaan narkoba.

"Untuk antisipasi. Tujuannya untuk keselamatan penumpang. Jangan sampai sopir pada saat mengemudi pada kondisi sakit atau sedang mengonsumsi minuman keras, bahkan narkoba," terang Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi, kepada wartawan di lokasi.

Seperti dikutip dari Detikcom, pemeriksaan dilakukan di ruang kesehatan terminal. Tiga petugas kesehatan polres berada di sisi kanan ruangan menghadap ke timur tersebut. Mereka khusus bertugas melakukan tes urine.

Sementara empat petugas lain dari Public Safety Center (PSC) berada di sisi kiri, samping pintu masuk. Tugas mereka adalah mengambil sampel darah. Media tersebut digunakan untuk mengetahui kadar gula darah, kolesterol, maupun asam urat.

Sembari menantikan jam keberangkatan, para pengemudi bergantian masuk ruangan, salah satunya Budi. Pengemudi bus jurusan Pacitan-Jakarta itu lantas menyerahkan sampel urine kepada petugas.

Kapolres Sugandi mengajak berbincang pria berkaus putih tersebut. Perwira dengan 2 melati di pundak itu pun mengingatkan Budi agar selalu menjaga stamina.

"Sendiri aja, Pak. Nggak bawa (sopir) cadangan. Cuma saya sama kenek aja. Biasanya kalau terasa cape ya istirahat," jawab warga Wonogiri tersebut menjawab pertanyaan kapolres.

Dari keseluruhan tes urine yang dilakukan terhadap puluhan pengemudi dan awak bus hasilnya negatif. Mereka pun diizinkan berangkat mengangkut penumpang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Detikcom