Ngabuburit Asyik di Alun-Alun Madiun, Bisa Selfie hingga Buka Bareng

Warga menikmati suasana Alun-alun Kota Madiun, Senin (13/5 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
14 Mei 2019 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Ngabuburit sembari menunggu waktu berbuka puasa menjadi hal mengasyikkan selama Ramadan. Tempat ngabuburit pun beragam mulai dari taman kota, alun-alun, maupun warung kesayangan, dan lokasi lainnya.

Salah satu lokasi favorit bagi masyarakat Kota Madiun, Jawa Timur, untuk ngabuburit yaitu di alun-alun setempat. Ratusan orang tiap sore saat Ramadan berkumpul dan menunggu azan Magrib berkumandang.

Seperti terlihat pada Senin (13/5/2019) sore, ratusan orang menjejali Alun-alun Kota Madiun. Mereka melakukan berbagai hal di alun-alun tersebut.

Ada yang memberi pakan burung dara yang memang banyak terdapat di alun-alun. Ada juga pasangan muda yang menjaga anaknya saat bermain skuter. Sekelompok pemuda-pemudi juga tampa bercengkerama di taman.

Selama bulan Ramadan ada yang berbeda di Alun-alun Kota Madiun, yaitu keberadaan puluhan pedagang takjil. Beraneka ragam makanan dan minuman dijual di sekitar alun-alun. Sehingga pengunjung yang enggan direpotkan dengan bawaan makanan dan minuman dari rumah, tidak perlu ambil pusing. Mereka bisa membeli makanan dan minuman untuk berbuka puasa di lokasi.

Selanjutnya makanan tersebut bisa dinikmati di taman-taman yang ada di alun-alun. Sambil menunggu azan Magrib, pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan berfoto di beberapa spot foto yang Instagramable.

Saat matahari mulai tenggelam, lampu-lampu hias di alun-alun pun dinyalakan. Lampion-lampion indah bergelantungan di taman sehingga menjadikan suasana semakin nyaman.

Saat azan mulai berkumandang, terlihat para pengunjung pun mulai membuka makanan yang dibawanya. Seusai berdoa, mereka pun menyantap hidangan.

Usai menyantap hidangan berbuka puasa atau makan takjil, pengunjung tidak perlu jauh-jauh melaksanakan Salat Magrib. Karena di kawasan alun-alun ada Masjid Agung Baitul Hakim.

Salah satu pengunjung Alun-alun Madiun, Khoirun Nisa, mengatakan memilih alun-alun sebagai tempat ngabuburit karena lokasinya di tengah kota dan mudah dijangkau.

Selain itu, alun-alun lokasinya juga luas sehingga tidak akan kesulitan untuk mencari tempat lesehan untuk berbuka puasa bersama keluarga.

"Ya di sini enak. Mudah dijangkau. Banyak penjual makanan dan takjil juga," kata warga Manisrejo, Kecamatan Taman, Madiun, itu.

Menurutnya, saat puasa seperti sekarang tempat-tempat seperti alun-alun maupun taman kota akan menjadi tempat favorit bagi sebagian warga untuk menghabiskan waktu ngabuburit

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya