Desa Manuk Juarai Lomba Rumah Pangan Lestari Tingkat Ponorogo

Tim juri melakukan penjurian di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Desa Bungkal, Kecamatan Bungkal, Ponorogo, Senin (13/5 - 2019). (Istimewa/Pemkab Ponorogo)
14 Mei 2019 12:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ponorogo memutuskan Desa Manuk, Kecamatan Siman, sebagai juara pertama dalam lomba Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) 2019. Desa Manuk menyisihkan desa pesaingnya dalam lomba tersebut.

Desa Manuk memimpin perolehan skor dari lima desa lain. Desa Manuk memperoleh skor 76,583 poin mengungguli Desa Ngumpul, Kecamatan Balong, yang meraih skor 76,225 sebagai juara II. Sedangkan posisi ketiga ada Desa Nglumpang, Kecamatan Mlarak, dengan skor 73,658.

Untuk posisi keempat ada Desa Lembah, Kecamatan Babadan, posisi kelima Desa Dayakan, Kecamatan Badegan, dan posisi keenam ada Desa Suru Kecamatan Sooko.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ponorogo, Adi Susetyo, mengatakan keenam desa tersebut bersaing ketat dalam lomba tersebut. Enam desa yang ikut nominasi itu merupakan enam desa terbaik dalam pengelolaan KRPL dari 21 desa yang diikutkan dari seluruh kecamatan.

"Pemenang akan diikutkan dalam lomba yang sama di tingkat provinsi," kata dia yang dikutip dari siaran pers Pemkab Ponorogo, Senin (13/5/2019).

Adi menuturkan pihaknya akan terus melakukan pembinaan dalam kegiatan KRPL. Pihaknya juga mengusulkan supaya pemenang mendapatkan bantuan-bantuan pengembangan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Lebih lanjut, kata dia, lomba KRPL merupakan lomba desa dalam pemanfaatan lahan sisa di pekarangan rumahnya untuk hal-hal yang bermanfaat terkait pangan. Seperti penanaman sayuran sampai budidaya ikan.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mau memanfaatkan lahan pekarangannya. Ini untuk memperkuat ketahanan pangan keluarga melalui penanaman sayuran, buah-buahan, hingga peternakan," terang dia.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya