Jam Besuk Napi di LP Tulungagung Berubah Selama Puasa, Ini Sebabnya

Ilustrasi penjara - Bisnis/Nurul Hidayat
14 Mei 2019 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Jadwal besuk narapidana dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas IIB Tulungagung, Jawa Timur, selama Ramadan 2019 berubah dibandingkan sebelumnya.

Jika sebelumnya pihak LP Tulungagung melayani dua kali jam kunjung pada pagi dan siang, kini dikonsentrasikan hanya pada sore hari.

"Jam kunjung yang pagi kami alihkan semua ke sore hari supaya mendekati jam buka puasa," kata Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Binadik dan Giatja) LP Klas IIB Tulungagung Dedi Nugroho di Tulungagung, Sabtu (11/5/2019).

Dia menjelaskan kebijakan perubahan jam besuk diberlakukan bukan tanpa alasan. Selama bulan puasa, kata Dedi, seluruh napi muslim wajib mengikuti pengajian umum dan tadarus Alquran sebagai rangkaian pesantren Ramadan mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Selain itu, mayoritas pembesuk saat ini banyak yang membawakan makanan untuk menu takjil buka puasa, seperti kolak, es buah, dan aneka penganan olahan lain yang diizinkan pihak LP untuk diberikan kepada warga binaan.

"Karena trennya sekarang adalah membawa menu untuk buka puasa, jam besuk sekarang difokuskan pada siang-sore hari, yakni mulai pukul 13.30 WIB hingga 16.00 WIB," katanya.

Untuk diketahui, Saat ini jumlah warga binaan di LP Tulungagung sebanyak 614 orang, dengan dua pertiga di antaranya berstatus narapidana dan sepertiga sisanya berstatus tahanan.

"Waktu besuk digilir atau bergantian. Untuk tahanan jadwal bezuk pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan untuk narapidana jadwal besuk pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan masing-masing pembesuk diberi waktu kunjung maksimal 30 menit," paparnya.

Terkait makanan yang boleh dibawa pembesuk, Dedi menegaskan aturan yang berlaku hanya untuk penganan hasil olahan yang tidak ditutup dengan kemasan tertutup.

Sedangkan semua jenis makanan/minuman kemasan tidak diperbolehkan dibawa dan diberikan kepada warga binaan demi mencegah penyalahgunaan.

"Kalau ditemukan ada bawaan pembesuk yang tidak sesuai ketentuan langsung dilakukan penyitaan," katanya.

Perubahan jadwal besuk itu tak pelak membuat kunjungan para napi dan tahanan di LP Tulungagung setiap siang hingga sore membludak.

Para pembesuk yang biasanya terpecah konsentrasi jam kunjung pada pagi (pukul 08.30 WIB - 11.30 WIB) dan siang hari (pukul 13.30 WIB hingga 14.30 WIB) kini terkonsentrasi pada satu kesempatan jam kunjung mulai pukul 13.30 WIB hingga 16.00 WIB.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara