Dishub Kota Madiun Cek Roda Bus Umum Jelang Mudik Lebaran

Petugas memeriksa kelengkapan bus AKAP yang masuk ke Terminal Purboyo Kota Madiun, Kamis (9/5 - 2019). (Istimewa/Pemkot Madiun)
09 Mei 2019 19:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menjelang mudik Lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kota Madiun melakukan pengecekan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Purboyo, Kamis (9/5/2019). Salah satu bagian yang dicek secara detail yaitu roda bus.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan Kota Madiun, Iman Su'aidi, mengatakan ramp check dilakukan untuk memastikan kelayakan kendaraan bus untuk menghadapi mudik Lebaran. Seluruh bus yang masuk terminal, terutama bus AKAP, diperiksa oleh petugas.

"Kami menerjunkan 15 personel dan dua orang penguji ramcek," kata dia kepada wartawan.

Iman Su'aidi menuturkan pemeriksaan yang dilakukan yaitu meliputi kaca, lampu, rem kemudi, klakson, hingga roda. Dia menuturkan petugas juga akan secara detail memeriksa ban bus.

Untuk pemeriksaan bus mulai dari ambang batas ketipisan alur ban minimal satu milimeter, terlihatnya serat pada ban, hingga penggunaan ban vulkanisir untuk roda depan. Bus yang kedapatan melanggar aturan akan segera diberhentikan dan diperbolehkan jalan setelah semuanya sesuai standar.

Saat ini belum ada bus yanh melanggar aturan. Namun, petugas telah memberikan peringatan kepada sejumlah sopir bus karena salah jalur dan uji kir sudah dekat.

"Pemeriksaan akan terus dilakukan hingga mendekati Lebaran. Sasaran utamanya bus malam. Karena bus malam ini biasanya masuk terminal lebih pagi," jelas dia.

Menurut Iman, pemeriksaan rutin ini penting dilakukan untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Biasanya angkutan umum akan mengalami lonjakan penumpang pada saat momen mudik dan balik Lebaran. Pemeriksaan kepada sopir juga akan dilakukan melalui tes urine. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya