1 Personel Linmas di Gresik Meninggal Akibat Kelelahan Jaga TPS

Ilustrasi petugas linmas mengikuti pembinaan. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)
24 April 2019 14:20 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, GRESIK -- Supiin, 60, salah seorang petugas perlindungan masyarakat (linmas) di tempat pemungutan suara (TPS) 12 Dusun Purworejo, Desa Metatu, Benjeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, meninggal dunia, Rabu (24/4/2019), akibat kelelahan seusai menjaga pelaksanaan pesta demokrasi.

Kabar meninggalnya seorang petugas TPS di wilayah Benjeng itu telah beredar luas di beberapa grup media sosial di Gresik, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik baru melakukan cek kebenaran itu siang hari.

"Iya Mas, setelah kami lakukan cek memang ada kabar seorang petugas TPS dari linmas yang meninggal dunia pagi tadi," kata Komisioner KPU Gresik Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan partisipasi masyarakat (Parmas), Makmun, di Gresik, Rabu.

Berdasarkan data yang didapat KPU Gresik terkini, Makmun mengatakan terdapat tiga petugas TPS yang dilaporkan kelelahan. Satu petugas meninggal dunia yakni Supiin sedangkan dua lainnya terpaksa dirawat intensif, masing-masing Misbahul Munir, 35, yang terpaksa masuk UGD karena kelelahan, dan Suwono, 40, ketua KPPS yang mengalami sesak napas.

Sebelumnya, juga dilaporkan KPU setempat terdapat tujuh petugas TPS di wilayah itu yang sakit akibat kelelahan menjalani proses Pemilu 2019, sejak tanggal 17 April 2019.

Tujuh petugas itu adalah hasil pendataan KPU Gresik yang kemudian dilaporkan KPU RI agar mendapat perhatian.

"Data terus kami perbarui dan kami sampaikan ke KPU Provinsi Jatim supaya disampaikan ke KPU RI untuk mendapatkan santunan kesehatan," tutur Makmum menjelaskan.

Sementara itu, di Kabupaten Gresik total terdapat 3.654 TPS yang tersebar di 18 kecamatan, dan pelaksanaan pesta demokrasi diikuti sebanyak 927.045 pemilih yang tercatat di DPT, dengan rinciannya sebanyak 465.833 pemilih laki-laki dan 461.212 pemilih perempuan.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara