Spiderman hingga Captain America Layani Pemilih di TPS Surabaya Ini

Petugas KPPS menunjukkan surat suara kepada warga di TPS 5 Pondok Benowo Indah yang bertema superhero di Surabaya, Rabu (17/4 - 2019). (Antarafoto/Zabur Karuru)
17 April 2019 15:20 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 005 Kelurahan Babat Jerawat, Pakal, Kota Surabaya, Jawa Timur, punya cara unik untuk menarik minat pemilih datang mencoblos, Rabu (17/4/2019). Mereka memakai pakaian bertema superhero Avengers Endgame.

"Ini semua untuk menghibur warga. Kami ingin pesta demokrasi ini penuh kegembiraaan," kata Ketua KPPS 005 Kelurahan Babat Jerawat, Iriandi Lilo, ditemui wartawan di sela-sela pencoblosan.

Menurut dia, ide memilih berdandan Avengers muncul karena film yang diproduksi Marvel itu banyak penggemarnya, khususnya di kalangan anak muda. Iriandi Lilo berharap ide itu mampu menarik minat masyarakat untuk berbondong-bondong ke TPS.

Selain itu, lanjut dia, dipilihnya kostum superhero juga untuk menarik minat pemilih milenial yang memang lebih akrab dengan kostum dan tokoh-tokoh itu.

"Terutama pemilih-pemilih pemula yang mungkin punya rasa canggung dan tegang karena pengalaman pertama. Kami hadirkan dengan suasana yang menghibur dengan kostum unik ini," katanya.

Mengenai rasa nyaman memakai pakai itu, Iriandi yang berdandan lengkap ala Spiderman ini mengaku pengap dan ketat. Tetapi dirinya rela menjadi Spiderman demi antusias warga menlakurkan hak suaranya.

Untuk kostum yang dipakai meliputi Spiderman, Batman, Thor, Captain America, dan lainnya. "Semua kostum itu kami dapat dengan menggunakan jasa persewaan," ujarnya.

Adapun jumlah pemilih di TPS 005 Babat Jerawat sebanyak 261 orang, sedangkan untuk petugas di TPS ada sembilan orang yang masing-masing berpakaian superhero.

Salah satu pemilih di TPS unik itu, Cindy Agustinanda, 22, mengatakan sangat tertarik dengan konsep kreatif yang dihadirkan petugas KPPS. 

"Kreatif, inovatif bisa untuk memotivasi untuk TPS yang lainnya. Ini baru kali ini ada superhero seperti ini. Seru banget dan biar nggak ngebosanin juga kalau petugas pakai baju terlalu formal," ujar Cindy dikutip dari Detikcom.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara, Detikcom