Khofifah Targetkan Partisipasi Pemilih Jatim Capai 77,5%

Ilustrasi simulasi pemilu. (Bisnis/Rachman)
17 April 2019 12:25 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Partisipasi masyarakat Jawa Timur (Jatim) dalam Pemilihan Umum 2019, Rabu (17/4/2019) diharapkan mencapai lebih dari 77,5 persen.

"Harapannya lebih dari 77,5 persen," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa seusai meninjau Desk Pilpres dan Pileg 2019 Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/4/2019).

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu merasa optimistis masyarakat Jatim akan menggunakan hak suaranya dengan baik.

"Partisipasi masyarakat untuk mempergunakan hak pilihnya pada Pilpres dan Pileg 2019 melebihi dari partisipasi pada Pileg dan Pilkada Jatim lalu," ucap Khofifah Indar Parawansa.

Sebelum di Grahadi, bersama Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jatim, Ketua KPU Jawa Timur dan Ketua Bawaslu Jawa Timur meninjau beberapa daerah, di antaranya Kabupaten Pacitan dan Kota Blitar.

Selain untuk mengetahui partisipasi masyarakat mempergunakan hak suaranya, peninjauan di tiga kabupaten/kota tersebut untuk memastikan kesiapan dan kesiap-siagaan daerah melaksanakan Pilpres dan Pileg 2019.

"Kami juga ingin mengetahui distribusi logistik telah terdistribusi sampai ke titik tempat pemungutan suara (TPS), berdasarkan pemantauan 80 persen telah terdistribusikan," ujarnya.

Setiap TPS, kata dia, tersedia empat sampai lima bilik suara, mengingat setiap pemilih akan mendapatkan lima kartu suara yang masing-masing kartu berukuran cukup lebar.

Pemilu serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. Pemilihan Presiden diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma’ruf Amin di nomor urut 01, serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di nomor urut 02. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara