Bupati Ipong Sebut 3 Faktor Ini Sebabkan Jalan di Ponorogo Rusak

Ilustrasi perbaikan jalan rusak. (Solopos/Nicolous Irawan)
16 April 2019 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, PONOROGO -- Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni meminta masyarakat untuk ikut menjaga jalan-jalan supaya tidak cepat rusak. Pengguna jalan harus memperhatikan kemampuan jalan dan kapasitas muatan kendaraan atau tonasenya.

Ipong menuturkan ada tiga permasalahan yang mengakibatkan kerusakan jalan-jalan di Ponorogo. Tiga permasalahan itu antara lain tidak adanya klasifikasi jalan, minimnya personel pengawasan, dan rendahnya kedisiplinan masyarakat untuk ikut memelihara jalan.

Dia mengatakan jalan di Ponorogo belum ada klasifikasinya seperti kelas I, II, atau III. "Itu karena keterbatasan anggaran. Sehingga siapa pun boleh lewat di situ padahal bukan kelasnya," kata dia dalam siaran pers Pemkab Ponorogo yang dikutip Madiunpos.com, Senin (15/4/2019).

Faktor lain yaitu jumlah personel pengawas jalan terbatas. Padahal, ungkap dia, Ponorogo termasuk daerah yang memiliki jumlah titik tambang paling banyak dibandingkan kabupaten tetangga.

Untuk itu, dia meminta Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo segera menyiapkan rancangan untuk peningkatan pengawasan jalan tersebut.

"Kelebihan muatan itu yang penting untuuk diawasi," jelas Ipong.

Mengenai faktor kedisiplinan masyarakat, jelas dia, masih rendah dalam ikut memelihara jalan. Dia meminta masyarakat untuk memperhatikan kemampuan jalan dibandingkan denngan kapasitas tonase kendaraannya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya