Kekurangan Surat Suara di Jatim Dikirim Paling Lambat 14 April 2019

Ilustrasi persipan distribusi logistik pemilu. (Antara)
13 April 2019 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Distribusi kekurangan surat suara untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dipercepat agar selesai dalam dua hari ke depan atau maksimal 14 April 2019.

"Saat ini distribusi sedang dilakukan dan kami targetkan satu-dua hari ke depan kekurangan surat suara yang rusak dapat terpenuhi," kata Divisi Perencanaan dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim Miftahul Rozaq seusai mengisi materi sosialisasi KPU Jatim Goes to Campus IAIN Tulungagung, di Tulungagung, Jumat (12/4/2019).

Namun KPU Jatim tidak memerinci jumlah kekurangan logistik surat suara yang terjadi di banyak daerah di Jatim.

Rozaq yang membidangi masalah perencanaan dan logistik KPU Jatim memperkirakan jumlah kekurangan surat suara mencapai 200.000 lembar lebih, baik untuk logistik pilpres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, maupun DPRD kabupaten/kota.

Menurut Rozaq, kekurangan surat suara terjadi karena ditemukan sudah rusak sejak dari percetakan, rusak saat pelipatan, maupun saat distribusi.

Selain itu, tambah dia, kekurangan juga bisa disebabkan karena memang dari awal kurang kirim, sehingga perlu segera ditindaklanjuti untuk pemenuhan kebutuhan logistik surat suara.

"Kami hari ini sudah konsolidasi maksimal dengan semua KPU kabupaten/kota di Jatim, menghadirkan beberapa penyedia untuk memahami jadwal distribusi," katanya.

Bahkan untuk mempercepat pemenuhan kekurangan surat suara itu, baik karena rusak maupun kekurangan kirim dari penyedia, KPU Jatim mengimbau seluruh penyelenggara pemilu di kabupaten/kota untuk jemput bola.

Artinya, pihak KPU kabupaten/kota tidak harus menunggu pengiriman kekurangan dari penyedia, tetapi bisa langsung datang ke penyedia untuk mengambil logistik kekurangan sesuai kebutuhan di masing-masing daerah.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara