Imigrasi Madiun Deklarasikan Zona Integritas Menuju Bebas Korupsi

Penandatanganan dan deklarasi zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Selasa (9/4 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
09 April 2019 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Kantor Imigrasi Kelas II Madiun mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM), Selasa (9/4/2019).

Acara pencanangan zona integritas itu dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Haris Sukamto. Penandatanganan zona integritas digelar di aula Kantor Imigrasi Kelas II Madiun di Caruban, Kabupaten Madiun.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Madiun, Yusup Umardani, mengatakan deklarasi zona integritas ini penting dilakukan dalam mewujudkan birokrasi yang sehat dan pelayanan bersih dari korupsi. Namun, integritas memang perlu dibangun sedikit demi sedikit.

"Pembangunan integritas ini tidak bisa langsung. Membalikkan mindset itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kita harus selalu memberikan pemahaman supaya mindset itu berubah," kata dia kepada wartawan seusai deklarasi.

Yusup Umardani menyampaikan saat ini proses percepatan pelayanan kepada masyarakat sedang dilakukan. Dia mencontohkan pembuatan paspor bisa selesai dalam waktu dua sampai tiga hari. 

"Untuk pelayanan paspor bisa sehari jadi. Asal gak ada gangguan sistem," ujar dia.

Umardani menuturkan tahun ini indeks kepuasan masyarakat terkait pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II Madiun menunjukkan tren positif atau naik dari 75% menjadi 80%. Dia menargetkan setelah ada deklarasi zona integritas, indeks kepuasan masyarakat bisa mencapai 100%.

Dia menyebut saat ini jumlah warga yang mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Madiun rata-rata 70 orang per hari. Warga yang mengurus paspor bukan hanya dari wilayah Madiun, tetapi ada juga warga dari luar Madiun seperti Surabaya.

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Haris Sukamto, mengatakan untuk menjadi kantor yang memiliki integritas harus dimulai dari depan. Yaitu petugas yang ada di depan kantor seperti security, duta layanan, cleaning service, hingga pegawai di dalam kantor.

"Petugas yang berjaga ini penting karena dia yang pertama kali memberikan akses masuk ke kantor imigrasi," jelas dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya