Tambang Galian di Watu Dakon Resort Madiun Ditutup Paksa

Petugas Satpol PP Kabupaten Madiun bersama TNI dan Polri menutup aktivitas pertambangan galian C di Watu Dakon Resort di Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Senin (8/4 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
08 April 2019 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Tambang galian C ilegal berkedok pembangunan kolam pemancingan ikan di Watu Dakon Resort di Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, ditutup paksa oleh Pemkab Madiun, Senin (8/4/2019).

Penutupan tambang galian C ini dilakukan karena diduga melanggar perizinan dan merusak lingkungan hidup. Petugas Satpol PP Kabupaten Madiun kemudian menutup area pertambangan tersebut dengan memasang papan bertuliskan tempat usaha galian tersebut ditutup.

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (PPHD) Satpol PP Kabupaten Madiun, Eko Budi Hastanto, mengatakan tempat usaha di Watu Dakon Resort melanggar perizinan karena aktivitas tambang yang dilakukan tidak sesuai perizinan.

Pengelola kawasan itu sesuai izin melakukan pengerukan tanah untuk membuat kolam pemancingan ikan. Namun, dalam praktiknya pengelola justru mengeruk tanah di lokasi itu sedalam belasan meter untuk kegiatan pertambangan.

"Awalnya ini untuk bidang usaha wisata tirta atau kolam pemancingan. Kemudian ternyata untuk kegiatan pertambangan. Walaupun pertambangan dalam skala kecil," jelas dia kepada wartawan.

Eko menyampaikan terkait regulasi pertambangan sebenarnya merupakan kewenangan dari Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur. Namun, karena dalam kasus ini ada maladministrasi maka pihak pemda berwenang untuk menerapkan sanksi administrasi.

Untuk penutupan aktivitas pertambangan ini, kata dia, akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Aktivitas bisa dilanjutkan saat proses perizinan dipenuhi oleh pengelola. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya