Bawang Putih dan Merah di Madiun Tembus Rp33.000/Kg

Bawang putih dijual di Pasar Besar Madiun, Sabtu (6/4 - 2019). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
06 April 2019 19:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Harga bawang putih dan bawang merah di Kota Madiun menembus Rp33.000/kg. Sejumlah penjual bumbu dapur pun menjerit karena kenaikan harga kedua komoditas itu menurunkan tingkat penjualan.

Seorang penjual bumbu dapur di Pasar Besar Madiun, Jack, mengatakan harga bawang putih dan bawang merah dalam sepekan terakhir naik cukup tinggi. Untuk bawang putih harganya mencapai Rp33.000/kg, sedangkan bawang merah harganya juga mencapai Rp33.000/kg.

Untuk harga bawang putih sebelumnya hanya dijual dengan harga sekitar Rp20.000/kg. "Untuk kenaikannya sekitar seminggu terakhir," kata dia, Sabtu (6/4/2019).

Jack menuturkan setelah kenaikan harga bawang putih terjadi, berdampak pada penurunan minat beli masyarakat. Yang sebelumnya biasanya membeli 1 kg bawang putih, namun karena harga naik akhirnya membeli setengah kg saja.

"Pengaruhnya di permintaan pembeli menurun. Karena harganya memang cukup tinggi," jelas dia.

Dia juga terpaksa menurunkan jumlah stok untuk menghindari kerugian yang cukup besar akibat kenaikan harga ini. Dia mengaku dalam satu kulakan biasanya bisa membeli dua sampai tiga karung dengan satu karung berisi 20 kg bawang putih. Namun, dengan kenaikan harga ini, ia hanya kulakan satu karung saja.

"Ini untuk menghindari kerugian saja. Takutnya kalau kulakan banyak. Terus harga turun, jadinya kan merugi," jelas Jack.

Hal senada juga disampaikan penjual bumbu dapur lainnya, Suyatmo. Dia menuturkan kenaikan harga bawang putih dan bawang merah sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

Dia menuturkan harga bawang putih mencapai Rp30.000/kg, sedangkan bawang merah Rp32.000/kg.

"Naiknya cukup tinggi. Padahal biasanya harganya cuma antara Rp15.000 sampai Rp20.000/kg. Saya kurang tahu penyebabnya apa kok bisa naik tinggi," jelas dia.

Meski kenaikan cukup tinggi, dia mengaku penjualan bawang putih dan bawang merah cukup stabil. Karena komoditas ini merupakan bumbu wajib yang biasanya digunakan untuk memasak.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya