Dinkes Kota Madiun Gelar pemeriksaan IVA dan Pap Smear di Puskesmas

Ilustrasi kanker (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
04 April 2019 22:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kota Madiun, Jawa Timur, rutin menggelar pemeriksaan dini kanker serviks di kalangan perempuan Kota Madiun yang sudah menikah dan aktif melakukan hubungan seksual.

Kegiatan itu dilakukan intensif guna mencegah penyebaran penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim di wilayah setempat.

"Kami terus menggalakkan pelayanan dan penanganan mengenai kanker guna menekan jumlah penderita kanker serviks sejak lima tahun terakhir. Di antaranya dengan melakukan deteksi dini kanker," ujar Kepala Dinkes dan KB Kota Madiun Agung Sulistya Wardani, Rabu (3/4/2019). 

Sesuai data Dinkes dan KB Kota Madiun, pada tahun 2018 sebanyak 135 perempuan tercatat dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dari jumlah total 2.980 perempuan yang diperiksa.

"Untuk tahun ini, angka pasti penderita kanker serviks belum ada. Namun kami terus berupaya melakukan penyuluhan dan pelayanan sebagai tindakan pencegahan. Yang jelas, dari tahun ke tahun jumlah kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan reproduksinya meningkat," kata dia.

Tahun ini, lanjut Wardani, Dinkes dan KB menargetkan melakukan pemeriksaan kepada satu perempuan di tiap RT di Kota Madiun. Rencananya, kegiatan pelayanan dan pemeriksaan IVA dan Pap Smear akan dilakukan pada dua pekan ke depan di tiap puskesmas.

Dengan kegiatan tersebut, pihaknya berharap seluruh perempuan di Kota Madiun lebih aktif memeriksakan kesehatan reproduksinya tanpa harus menunggu program pemerintah. Hal itu untuk mewujudkan Kota Madiun yang bebas dari kanker serviks. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara