BAN Imbau IKM di Jatim Produsen 4 Komoditas Ini Segera Urus SNI

Pekerja membuat brem di industri rumahan brem Desa Kaliabu, Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Senin (28/5 - 2018). (Antara/Siswowidodo)
04 April 2019 14:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengimbau industri skala kecil dan menengah (IKM) khusus makanan dan minuman (mamin), listrik, elektronik, dan alat transportasi di Jawa Timur agar menerapkan SNI melalui Kantor Layanan Teknis (KLT) Surabaya.

Kepala KLT Surabaya, Yuniar Wahyudi, mengatakan keempat komoditas tersebut yang paling didorong untuk segera memiliki SNI lantaran termasuk produk wajib SNI terkait keselamatan dan keamanan konsumen.

"Keempat produk tersebut harus benar-benar kita kawal karena dampak dari konsumsinya bisa terjadi secara langsung," katanya dalam rilis yang diterima Bisnis/JIBI, Selasa (2/4/2019).

Yuniar Wahyudi menambahkan keberadaan KLT Surabaya yang tergolong baru ini diharapkan bisa meningkatkan penerapan SNI bagi IKM Jatim.

"Kini layanan SNI kita sudah lebih dekat dengan masyarakat di Surabaya dan lebih luas lagi di Jatim sehingga diharapkan IKM lebih mudah menjangkau aksesnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Drajat Irawan, menyatakan selama ini Pemprov Jatim sudah memberikan pendampingan bagi UMKM untuk mendapatkan SNI.

"Dan sekarang dengan adanya kantor layanan yang lebih dekat ini menjadi nilai tambah dan akan sangat membantu UMKM dalam mendapatkan standardisasi," imbuhnya.

Apalagi, lanjutnya, UMKM di Jatim berkeinginan untuk naik kelas dan bisa menembus pasar ekspor sehingga label SNI pada produknya sangat diperlukan.

Sumber : Bisnis.com