Bangkai Bus Sugeng Rahayu Terbalik di Kedalaman 6 Meter Sungai Ngawi

Kondisi bus Sugeng Rahayu berpelat nomor W 7094 UZ yang terjun di sungai Sidwayah, Kabupaten Ngawi, Rabu (3/4 - 2019) dini hari. (Istimewa/Polres Ngawi)
03 April 2019 12:25 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, NGAWI -- Bus Sugeng Rahayu berpelat nomor W 7094 UZ yang terjun ke sungai dari jembatan Sidowayah, Kabupaten Ngawi, Rabu (3/4/2019) dini hari belum bisa dievakuasi. Kondisi bus terbalik di dasar sungai tersebut.

Dua orang penumpang meninggal dunia dalam peristiwa nahas itu. Selain korban meninggal dunia, 14 penumpang lainnya luka-luka. Seluruh korban kini menjalani perawatan di Rumah Sakit At-Tien Ngawi.

Sementara bangkai bus saat ini belum bisa dievakuasi karena bus berada di dasar sungai yang kedalamannya mencapai 6 meter. Saat ini petugas masih menunggu crane untuk mengevakuasi bus tersebut.

Kasatlantas Polres Ngawi, AKP Yanto Mulyanto, mengatakan saat ini proses evakuasi bangkai bus belum bisa dilakukan karena lokasi kecelakaan terlalu dalam. Dibutuhkan alat crane untuk menarik bangkai bus dari dasar sungai.

"Harus pake crane untuk evakuasinya. Kami meminta bantuan dari Solo untuk mendatangkan crane. Saat ini masih di perjalanan," ujar dia saat dihubungi, Rabu siang.

Mulyanto menyampaikan seluruh korban beserta kernet dan sopir telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Sopir bus Sugeng Rahayu jurusan Surabaya-Yogyakarta bernama Purwanto, saat ini telah diamankan untuk proses penyidikan.

Dia mengatakan sopir bus mengaku mengantuk saat sedang menyetir bus berpenumpang 16 orang itu. Bus yang melaju dari arah Madiun itu melaju dengan kecepatan sekitar 90 km/jam.

Saat berada di tikungan jembatan Sidowayah, kata Mulyanto, bus tidak membelok dan menerabas jembatan hingga terjun bebas di sungai tersebut.

"Sebenarnya daerah situ bukan jalur rawan kecelakaan karena kecelakaan yang terjadi di lokasi itu juga jarang. Kondisinya saat kejadian ini terjadi bus melaju cukup kencang dan sopir bus mengantuk," terang dia.