Pemprov Jatim Gelontorkan Rp40 Miliar untuk Perlebar Jalan di Pacitan

Ilustrasi jalan. (Solopos/Whisnupaksa Kridangkara)
01 April 2019 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) tahun ini menganggarkan Rp40 miliar untuk pelebaran jalan antara Kecamatan Arjosari-Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan. Jalan tersebut diperlebar karena kondisinya sudah parah dan sempit.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Binda Marga Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, mengatakan saat ini lebar jalan antara Arjosari-Nawangan hanya tiga meter. Kondisi tersebut dianggap memprihatinkan mengingat jalan tersebut merupakan jalur utama wilayah setempat.

Nantinya jalan tersebut akan diperlebar menjadi enam meter. Gatot menuturkan untuk standar jalan provinsi sebenarnya lebarnya harus tujuh meter.

Namun karena melihat kondisi di jalan tersebut sehingga hanya diperlebar enam meter.

"Standarnya 7 meter tapi kami ga bisa melebarkannya selebar itu. Karena bahaya jadi hanya dibuat enam meter. Khusus untuk Pacitan dianggarkan Rp40 miliar tahun ini," jelas dia saat mengunjungi Madiun, Kamis (28/3/2019).

Untuk tahun ini, jelas Gatot, pemerintah hanya memperbaiki 3 km saja di jalan Arjosari-Nawangan. Tahun sebelumnya, pemerintah telah memperlebar 4 km di jalan tersebut.

Selain di jalur tersebut, Gatot menyampaikan jalan yang kerap longsor yaitu di titik Slahung Ponorogo-Tegalombo Pacitan.

Saat hujan deras, jalur tersebut kerap longsor. Pihaknya berjanji sebelum puasa Ramadan jalur utama Ponorogo-Pacitan itu akan diperbaiki.