3.000 Anggota Satpol PP dan Linmas se-Jatim Rayakan HUT di Madiun Besok

Para penari, Rabu (27/3 - 2019), berlatih sebelum tampil di acara peringatan HUT Satpol PP di Alun/alun Mejayan, Kabupaten Madiun. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
27 Maret 2019 23:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 3.000 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dari kabupaten/kota se-Jawa Timur akan memperingati HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas di Alun-alun Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis (28/3/2018).

Peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas tahun 2019 di tingkat Provinsi Jawa Timur dipusatkan di Kabupaten Madiun. Rencananya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak akan menghadiri acara tersebut.

"Selain dihadiri gubernur dan wakil gubernur Jatim. Nanti seluruh wali kota dan bupati se-Jatim juga akan hadir dalam peringatan tersebut," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Madiun, Supriyadi, di sela-sela geladi bersih di Alun-alun Mejayan, Rabu (27/3/2019) sore.

Dia menyampaikan diperkirakan ada sebanyak 3.000 anggota Satpol PP menghadiri acara tersebut. Selain kegiatan peringatan berupa upacara juga ada kegiatan penampilan kesenian tradisional seperti pencak silat dan tarian dongkrek.

Selain itu, setiap Satpol PP dan Linmas juga mengirim satu peleton pasukan untuk mengikuti perlomban defile. Ada sebanyak 58 peleton yang akan mengikuti perlombaan defile.

"Nanti untuk juara satu akan menjadi tuan rumah kegiatan yang sama pada tahun berikutnya. Madiun tahun lalu juara satu dalam perlombaan defile jadi ditunjuk jadi tuan rumah," jelas dia.

Bupati Madiun Ahmad Dawami menyampaikan ikut bangga Madiun menjadi tuan rumah perayaan HUT Satpol PP di tingkat provinsi. Dia berharap peran Satpol PP bisa semakin dirasakan masyarakat.

Kaji Mbing, sapaan akrabnya, menilai Satpol PP memiliki peran yang sangat besar di suatu pemerintahan. Namun, selama ini dinas atau OPD Satpol PP dianggap sebelah mata oleh sebagian orang.

"Satpol PP ini kan penegak Perda. Perannya memang besar di suatu pemerintahan. Untuk itu anggota Satpol PP harus mampu memaksimalkan perannya," kata dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya