Madiun Kini Miliki Hutan Kota, Lokasinya Dekat Terminal

Foto dari atas hutan kota di Jl. Basuki Rahmad Kota Madiun, Selasa (19/3 - 2019). (Istimewa/Pemkot Madiun)
19 Maret 2019 16:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, membuat hutan kota di Jl. Basuki Rahmad atau di dekat Terminal Madiun. Direncanakan, hutan kota ini akan ditanami berbagai tanaman dan pohon langka dari berbagai daerah di Indonesia.

Pantauan di hutan kota ini, sejumlah bunga dan tanaman sudah tertanam di lokasi tersebut. Selain itu, di hutan kota tersebut juga terdapat kolam yang mengelilingi hutan. Ada juga alat-alat olahraga dan alat permainan anak.

Wali Kota Madiun, Sugeng Rismiyanto, meminta kepada dinas pengelola hutan kota untuk menanam berbagai pohon langka dari berbagai pelosok Nusantara. Tujuannya supaya masyarakat bisa melihat berbagai tanaman langka tersebut.

"Itu memang agak mahal. Tapi ini pertimbangannya edukasi kepada masyarakat," kata dia kepada wartawan seusai acara sambung rasa bersama masyarakat di hutan kota, Selasa (19/3/2019).

Sugeng menuturkan hutan kota merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Madiun untuk mengurangi emisi gas. Selain itu juga demi menyediakan ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

Menurut Wali Kota Sugeng Rismiyanto, hutan kota memiliki fungsi cukup penting karena menambah nilai estetika dan keasrian kota. Hutan kota ini nantinya akan memberikan banyak manfaat.

"Hutan Kota mampu menjadi sarana untuk menjaga keseimbangan oksigen, mengurangi emisi gas yang ada di suatu wilayah. Ini menjadi penting untuk kita jaga keberlangsungannya di masa mendatang," kata Sugeng.

Mengenai rencana pembuatan kebun binatang mini di hutan kota, Sugeng menuturkan hal itu masih menjadi rencana jangka panjang. Menurutnya, saat ini yang paling penting yakni membuat hutan kota tersebut menjadi rindang dan penuh pepohonan.

Dalam kesempatan tersebut, ribuan benih ikan nila juga ditaburkan di kolam yang ada di kawasan hutan kota. Sehingga masyarakat tidak hanya bisa melihat beragam tanaman tetapi juga bisa melihat koleksi ikan di lokasi hutan kota. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya