20.189 Anak di Kota Madiun Belum Miliki KIA

Ilustrasi Kartu Identitas Anak (KIA). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
18 Maret 2019 20:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 20.189 anak dari total 48.942 anak di Kota Madiun belum memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Sebanyak 28.753 anak di Kota Madiun, Jawa Timur, telah memiliki kartu identitas anak (KIA). 

"Hingga pertengahan Maret 2019 [KIA] sudah tercetak 60 persen. Dari wajib KIA 48.942 orang anak, yang sudah memiliki KIA mencapai 28.753 anak," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun, Nono Djatikusumo, di Madiun, Senin (18/3/2019).

Dia menambahkan capaian pencetakan dan kepemilikan KIA tersebut cukup tinggi karena pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke warga Kota Madiun mengenai pentingnya KIA.

"Untuk perekaman KIA di Kota Madiun sudah dimulai sejak Maret 2018. Kami gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pentingnya KIA," kata dia. 

Hingga kini, ungkap Nono, jajarannya terus melakukan sosialisasi ke warga Kota Madiun agar semua wajib KIA melakukan pengurusan dan memiliki KIA.

"Selain itu, kami juga ada mobil keliling yang melayani pembuatan data kependudukan, termasuk KIA tiap hari Sabtu di tiap kelurahan secara bergiliran. Pelayanan dilakukan pada jam 08.00 hingga 12.00 WIB, sesuai jadwal masing-masing kelurahan," jelasnya.

Nono Djatikusumo menambahkan kepemilikan KIA diatur dalam Permendagri Nomor 2 tahun 2016 yang menyebutkan bahwa semua anak di bawah 17 tahun wajib memiliki KIA.

Adapun syarat untuk mengurus KIA sangatlah sederhana, yakni foto kopi KK, akta kelahiran, dan KTP kedua orang tua. Untuk ketersediaan blangko KIA, jelas dia, dipastikan tercukupi karena mencapai 67.000 blangko. 

Pihaknya menargetkan seluruh anak usia 0 hingga 5 tahun dan 5 hingga 17 tahun kurang dari satu hari, akan tuntas memiliki KIA hingga akhir tahun ini.

Untuk itu, pihaknya mengimbau seluruh orang tua agar proaktif dan segera mengurus KIA sebagai identitas diri anak mereka. Hal itu demi terwujudnya Kota Madiun yang tertib sistem kependudukannya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara