Gencar Kembangkan Bandara, Jatim Gaet Inggris Berikan Pendidikan Aviasi

Aktivitas di Bandara Juanda Surabaya, Jawa Timur. (Bisni/Paulus Tandi Bone)
15 Maret 2019 02:05 WIB Peni Widarti Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta Kedutaan Besar Inggris untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan aviasi atau penerbangan.

Hal itu mengingat Jatim saat ini gencar mengembangkan bandara-bandara baru guna mendorong pemerataan pertumbuhan ekonomi.

Khofifah mengatakan saat ini di Jatim ada beberapa proyek pengembangan dan perluasan bandara seperti di Jember, Banyuwangi dan Kediri yang tahun ini akan dilakukan ground breaking.

"Dengan adanya pengembangan dan perluasan bandara ini otomatis akan menyedot banyak tenaga teknik di bidang aviasi. Untuk itu, pelatihan pendidikan vokasi di bidang ini memungkinkan menjadi bahan kerja sama Jatim dengan Kedutaan Besar Inggris," ujarnya dalam rilis, Rabu (13/3/2019).

Menurut Khofifah, Inggris memiliki teknologi aviasi canggih dan kompeten sehingga sangat tepat jika tenaga kerja asal Jatim bisa belajar dengan Inggris melalui pendidikan vokasi dan training.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini juga meminta Inggris untuk membantu pendidikan vokasi bidang lain seperti welding atau pengelasan mengingat potensi penyerapan tenaga kerja bidang cukup besar.

"Lulusan SMK bidang industrial juga membutuhkan keterampilan untuk mengelas baik untuk dunia kemaritiman maupun industri komersial," imbuhnya.

Khofifah juga berharap Inggris mau bekerja sama untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi tenaga perawat di Jatim apalagi Dubes Inggris memiliki program English for Indonesia.

"Nah saya ingin program ini juga bisa untuk perawat kita, dan terutama sekolah perawat yang berbasis pesantren harapannya lewat program ini bisa dikuatkan skill bahasa Inggrisnya supaya saat dikirim ke luar negeri lebih cakap berbahasa," imbuhnya.

Dalam kesempatan kunjungan, Dubes Inggria untuk Indonesia Moazzam Malik menyampaikan kesiapannya dalam memberikan bantuan dan dukungan kepada program penguatan pendidikan vokasi di Jatim.

"Kami sudah berbicara mengenai prioritas yang mungkin Inggris bisa bantu khususnya di bidang vocational training. Kami siap memberikan pelatihan bidang welding dan aviasi," imbuhnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Bisnis.com