Kotak Suara di Sumenep Dibungkus Plastik Sebelum Didistribusikan

Staf KPU Sumenep membungkus kotak suara kardus yang hendak didistribusikan ke sejumlah kecamatan di Kepulauan Sumenep. (Istimewa/KPU Sumenep)
12 Maret 2019 10:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SUMENEP -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur, menjadwalkan distribusi logistik Pemilu 2019 ke wilayah kepulauan mulai H-17 pelaksanaan pemungutan suara.

Untuk memastikan logistik sampai dengan selamat, petugas KPU Sumenep membungkus kotak suara yang terbuat dari kardus dengan plastik sebelum didistribusikan ke berbagai kecamatan di wilayah setempat.

Ketua KPU Sumenep Abdul Warits di Sumenep, Minggu (10/3/2019), mengatakan langkah itu dilakukan agar kotak suara terhindar dari percikan air atau terjauh ke laut saat pengiriman ke wilayah kepulauan.

"Khusus kotak suara yang dibungkus plastik ini, yang akan kami kirim ke berbagai kecamatan di kepulauan. Karena pengiriman ke sana menggunakan kapal motor, khawatir terkena ombak, atau terjatuh ke laut. Kalau dibungkus plastik kan aman meski jatuh," kata Abdul Warits.

Pendistribusian nantinya akan melalui Pelabuhan Kalianget ke sejumlah kepulauan di Kabupaten Sumenep, seperti Pulau Podai, Sepudi, Pagerungan, dan pulau-pulau lainnya.

Selain kotak suara, jenis logistik lain yang juga dibungkus plastik adalah surat suara dan jenis logistik lainnya berbahan kertas.

"Jenis logistik ini yang menjadi kelengkapan pemilu semuanya kami masukkan ke dalam kotak suara kardus, dan kotaknya kami bungkus dengan plastik, di samping jenis logistik lainnya yang kami masukkan ke dalam kotak tersebut juga dibungkus plastik," katanya.

Abdul Warits menjelaskan cara itu dilakukan dengan pertimbangan semua keperluan pelaksanaan pesta demokrasi 17 April 2019 tidak mengalami kerusakan atau terkena air hingga sampai ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Warits menjelaskan pihaknya masih melakukan sortir dan pemilihan kebutuhan logistik, seperti surat suara, kotak suara dan berbagai jenis kebutuhan logistik lainnya. Dalam proses sortir, KPU melibatkan sebanyak 100 pekerja. 

Pemilu serentak 17 April 2019 di Kabupaten Sumenep akan digelar di 4.315 tempat pemungutan suara yang tersebar di 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan, meliputi daratan dan kepulauan.

Data jumlah pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2019 sebanyak 873.273 orang, terdiri pemilih laki-laki sebanyak 410.927 orang dan pemilih perempuan sebanyak 462.346 orang.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara