640 Korban Banjir Madiun Terjangkit Beragam Penyakit

Wilayah Kabupaten Madiun tergenang banjir, Jumat (8/3 - 2019). (Istimewa/Lanud Iswahjudi)
09 Maret 2019 20:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 640 warga Kabupaten Madiun yang merupakan korban bencana banjir mulai mengalami berbagai penyakit, di antaranya demam, batuk, dan gatal-gatal.

Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Ary Andarwati, mengatakan data yang masuk ke Dinas Kesehatan sampai saat ini sebanyak 640 warga mulai mengalami beragam penyakit. Dia menjelaskan penyakit yang diderita para korban ini beragam.

Seluruh korban yang mulai mengalami berbagai penyakit ini telah ditangani petugas kesehatan yang tersebar di sejumlah desa.

"Penyakit yang biasa diderita korban bencana itu ada gatal-gatal dan demam. Ini sudah biasa terjadi pada saat bencana banjir menerjang," jelas dia, Sabtu (9/3/2019).

Ary Andarwati menyampaikan seluruh pasien telah tertangani dan diberi obat untuk kesembuhan. Pasien tersebut seluruhnya yang ditangani di tiga titik yaitu di Desa Kedungrejo, Kecamatan Pilangkenceng, sebanyak 334 orang, Desa Sogo Kecamatan Balerejo sebanyak 271 orang, dan Desa Bagi Kecamatan Madiun ada 35 orang.

Bupati Madiun Ahmad Dawami menyampaikan kesehatan menjadi salah satu penanganan penting dalam bencana banjir yang menimpa Kabupaten Madiun.

Bupati yang menjadi komandan dalam penanganan bencana banjir di Madiun itu juga menuturkan setiap ada warga yang mengeluh harus mendapatkan penanganan baik. Petugas kesehatan disiagakan 24 jam.

"Kesehatan ini penting. Jangan sampai ada korban yang tidak tertangani saat sakit. Alhamdulillah dalam bencana ini tidak ada korban meninggal dunia," jelas dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya