Pemesan Tiket KA Lebaran Tujuan Kediri Masih Minim

Ilustrasi penumpang kereta api. (Bisnis/Rachman)
27 Februari 2019 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, KEDIRI -- Jumlah pemesan tiket angkutan kereta api (KA) untuk Lebaran 2019 masih minim, sebab baru dibuka secara resmi pada 25 Februari 2019 jam 00.00 WIB untuk keberangkatan 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran).

"Kursi yang tersedia masih banyak. Sudah dirilis sejak 25 Februari, jadi sudah bisa dipesan atau dijual untuk angkutan Lebaran H-10 pada 26 Mei 2019," kata Kepala Stasiun Kediri Efandi Setyo Budi di Kediri, Jawa Timur, Selasa (26/2/2019).

Dia mencontohkan Kereta Api (KA) Singasari jurusan Kediri-Jatinegara masih tersedia hingga 127 kursi untuk kelas eksekutif dan 417 kursi untuk kelas ekonomi. Begitu juga dengan KA Brantas, KA Gajayana, KA Matarmaja, hingga KA Majapahit, yang masih tersedia cukup banyak. 

Efandi Setyo Budi menambahkan masyarakat bisa memesan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2019 melalui laman resmi PT KAI, toko swalayan, berbagai mitra PT KAI lainnya maupun datang langsung ke stasiun. Untuk harga yang diterapkan, PT KAI menggunakan tarif batas atas dan bawah.

Dia menjelaskan PT KAI sudah merencanakan penjualan tiket mudik Lebaran 2019 itu, setelah memperhatikan hari libur nasional dan cuti bersama yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Diperkirakan puncak arus mudik terjadi 29 Mei 2019 yang merupakan H-7 dan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 9 Juni 2019 atau H+3.

Berdasarkan rencana awal, selama Lebaran 2019, KAI mengoperasikan 356 KA reguler dan 50 KA tambahan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebanyak 3 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 393 KA.

Sementara itu, terkait kereta api tambahan yang lewat di Stasiun Kediri, Efandi mengatakan hingga kini belum ada keputusan dari pusat. Namun, dari angkutan Lebaran 2018, kereta tambahan bisa hingga empat kereta api.

Sedangkan khusus di Daops VII Madiun, perjalanan kereta api diperkirakan padat saat masa angkutan Lebaran 2019, sebab sebanyak 74 KA reguler akan melintas dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 26.332 kursi per hari, ditambah KA tambahan Lebaran sebanyak 10 KA dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 6.896 kursi per hari.

Untuk KA tambahan Lebaran 2019, pemesanan tiket baru dibuka H-60 sebelum Lebaran. KA keberangkatan Daops VII Madiun ada tiga, yaitu KA Brantas, KA Kahuripan, dan KA Singasari.

"Biasanya untuk KAI tambahan keputusannya mulai 60 hari sebelum Lebaran. Ini kami masih menunggu dari pusat," kata dia.

Ia mengimbau bagi warga yang sudah memesan dan mendapatkan kode bayar diharapkan segera melakukan pembayaran dalam waktu 60 menit, karena jika tidak tiket yang sudah dipesan akan terjual kembali.

Warga juga diimbau agar calon pengguna jasa KA juga membeli tiket KA Lebaran di jaringan resmi PT KAI maupun mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI supaya terhindar dari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya  

Sumber : Antara