2 Bulan Ada 21 Pohon Tumbang di Kota Madiun

Ilustrasi pohon tumbang. (Solopos/Dok)
26 Februari 2019 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Selama musim hujan awal Januari 2019 hingga menjelang akhir Februari 2019 di Kota Madiun, Jawa Timur, terdapat 21 kasus pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah setempat.

"Kejadian pohon tumbang masih berpotensi terjadi selama musim hujan berlangsung. Warga diminta waspada," ujar Kepala Bidang Pertamanan, Permakaman, dan Penerangan Jalan Umum, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Madiun, Aang Marhaendra Budiono, kepada wartawan di Madiun Senin (25/2/2019).

Dia menerangkan imbas dari pohon tumbang tersebut ada yang menutup akses jalan dan ada juga menimpa bangunan, baik rumah maupun toko. Beruntung pohon tumbang tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Guna mengantisipasi kejadian pohon tumbang yang dapat merusak bangunan dan melukai orang, pihaknya teratur melakukan pemantauan dan pemangkasan pohon. Pihaknya telah berkoordinasi dan melakukan survei untuk memantau pohon-pohon yang rawan tumbang.

"Selain 21 kasus pohon tumbang, kami telah menebang 23 pohon sebagai upaya pencegahan terjadinya pohon tumbang yang bisa memakan korban," kata dia. Puluhan pohon tersebut ditebang karena telah masuk kategori rawan. Seperti batang pohon yang sudah lapuk dan telah berusia tua.

Sesuai data, Dinas Perkim Kota Madiun menyiagakan sekitar 80 personelnya guna mewaspadai pohon tumbang yang rawan terjadi saat musim hujan.

Para petugas tersebut melakukan pemantauan dan perawatan pohon-pohon yang tersebar di sejumlah titik. Data Dinas Perkim mencatat, ada sekitar 7.000 pohon yang ada di Kota Madiun. Mulai dari pohon besar hingga tanaman berbunga.

Selain memangkas pohon yang telah lapuk atau tua, petugas juga merawat pohon milik warga yang membayakan. Seperti, dahannya menjulur ke jalan atau mengganggu lalu lintas.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara