10 Atlet Catur Bojonegoro Ikuti Pemusatan Latihan Jelang Porprov

Ilustrasi turnamen catur. (Solopos/M. Ferri Setiawan)
26 Februari 2019 02:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, BOJONEGORO -- Para atlet catur yang akan diterjunkan mewakili Kabupaten Bojonegoro ke ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 mulai mengikuti pemusatan latihan, Sabtu (23/2/2019).

"Puslatkab digelar sampai menjelang pelaksanaan porprov. Sekarang sudah ada 10 atlet catur Bojonegoro yang lolos seleksi untuk mengikuti porprov," kata Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Bojonegoro Toni Ade Irawan, di Bojonegoro, akhir pekan lalu.

Menurut dia, daerahnya membutuhkan dua atlet catur lagi untuk Porprov Jatim yang pertandingannya digelar di Bojonegoro.

"Kami masih menyeleksi atlet catur untuk memperoleh dua atlet yang diterjunkan di porprov. Kalau jumlah atlet catur yang ada cukup banyak ada kalau sekitar 30 atlet," ucap dia.

Dia menerangkan dalam puslatkab dilakukan dengan mendatangkan pelatih yang profesional, sebagai usaha meningkatkan kemampuan atlet catur daerahnya di ajang porprov.

"Kalau target kita tidak muluk-muluk. Yang penting atlet catur Bojonegoro dalam porprov bisa memperoleh medali," ucap dia seraya menambahkan sesuai jadwal, pertandingan catur di porprov akan digelar di daerahnya pada 6-13 Juli 2019.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Bojonegoro Saifuddin menambahkan daerahnya menurunkan atlet di 23 cabor dari 34 cabor yang dipertandingkan.

Lokasi puslatkab bagi atlet cabor lainnya yang akan diturunkan di porprov belum ditentukan. Tapi, saat ini semua atlet yang dipersiapkan untuk porprov yang akan digelar di Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik, sudah menjalani pemusatan latihan di masing-masing induk cabor.

Dia menyebutkan dalam perhitungannya akan ada sekitar 230 atlet daerahnya berlaga dalam porprov, karena dari masing-masing cabor mengirim 10 atlet.

Sesuai data dari 23 cabor yang diikuti atlet daerahnya di porprov dari 34 cabor yang dipertandingkan untuk pelaksanaannya di Bojonegoro, antara lain cabor catur, bola voli, yudo, catur, tenis meja, panahan, anggar, dan pentaque.

Bojonegoro menargetkan perolehan 20 medali emas, naik dibandingkan porprov sebelumnya (2015) yang hanya memperdapatkan delapan medali emas. Ia menambahkan cabor andalan daerahnya antara lain, panahan, atletik, angkat besi, dan angkat berat. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara