Tanah Longsor Tutup Jalur Wisata Telaga Sarangan Magetan

Pembersihan material longsoran yang menutup akses jalan alternatif ke lokasi wisata Telaga Sarangan, Senin (25/2/2019). (Istimewa - BPBD Magetan)
25 Februari 2019 11:15 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Jalur alternatif ke lokasi wisata Telaga Serangan, Desa Nitikan, Kecamata Plaosan, Kabupaten Magetan, tertutup longsor. Material longsoran baru dibersihkan petugas beserta warga sekitar pada Senin (25/2/2019) pagi.

"Kejadian longsornya Minggu [24/2/2019] malam. Hari ini baru kami bersihkan bersama-sama," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, saat dihubungi Madiunpos.com, Senin.

Fery menyampaikan hujan deras mengguyur wilayah Magetan sejak sore hingga malam hari. Akibatnya, tebing setinggi 7 meter dan lebar 5 meter di desa itu longsor.

Material longsoran tersebut menutup akses jalan penghubung antara Kecamatan Magetan dam Kecamatan Plaosan. Jalan ini merupakan jalur alternatif yang digunakan wisatawan untuk menuju ke Telaga Sarangan.

Jalan tersebut tertutup tanah sekitar 70%. Akibatnya, masyarakat harus bergantian dan lebih berhati-hati saat melewati jalur tersebut.

"Tanah longsor ini hanya menutup akses jalan. Tidak ada rumah yang rusak maupun korban jiwa yang ditimbulkan dari peristiwa bencana ini," kata dia.

Untuk membersihkan material longsoran dan membuka akses jalan yang tertutup tanah, petugas BPBD dibantu anggota TNI, Polri, beserta masyarakat setempat untuk membersihkannya.