Seribuan Warga Tulungagung Kerja Bakti Bersihkan Sungai Ngrowo

Plt Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo (kanan) bersama jajaran Forpimda membersihkan sampah di Sungai Ngrowo, Tulungagung, Kamis (21/2 - 2019). (Antara/Ist.)
22 Februari 2019 10:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten Tulungagung menggelar aksi gotong-royong membersihkan Sungai Ngrowo bersama seluruh elemen masyarakat setempat, Kamis (21/2/2019).

Plt Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo yang turut hadir dan memimpin jalannya kerja bakti bersih kaki Ngrowo berharap gerakan bersih-bersih sungai itu bisa terus ditindaklanjuti secara berkesinambungan.

"Jangan hanya pas momen ada Hari Peduli Sampah Nasional saja ada aksi bersih-bersih. Tapi harus simultan, berkelanjutan. Kontinyu," katanya di sela memimpin aksi bersih-bersih Sungai Ngrowo.

Acara peduli sampah itu melibatkan unsur PNS dari Dinas Lingkungan hidup dan OPD terkait. Tak hanya itu, jajaran kepolisian, TNI, pemuda, siswa sekolah, LSM hingga masyarakat umum juga berpartisipasi.

Maryoto Bhirowo berharap pembersihan sungai sudetan itu memotivasi warga sekitar untuk ikut menjaga kebersihan ekologi sungai. Bukan saja dengan rutin melakukan kegiatan bersih-bersih, namun juga dengan tidak membuang sampah sembarangan ke area sungai.

"Melihat peran sungai sangatlah banyak sekali, seperti digunakan untuk irigasi, ada yang mempertahankan sumber air tanah. Oleh karena itu sungai harus benar-benar dijaga kebersihannya," katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tulungagung Sukaji menjelaskan peringatan HPSN 2019 melibatkan unsur pemerintah maupun kelompok masyarakat dan dunia usaha dengan jumlah peserta kurang lebih sekitar 1.100 orang.

Mereka terdiri atas Forkopimda setempat, jajaran OPD di lingkup Pemkab Tulungagung, tim penggerak PKK, Darma Wanita dan dunia usaha, serta sejumlah komunitas yang ada di Tulungagung.

"Ada sekitar 1.000 lebih peserta yang hadir dalam kegiatan ini," katanya.

Lebih lanjut Sukaji menuturkan tujuan diadakan kegiatan ini dengan menggandeng berbagai kalangan masyarakat dan dunia usaha yang ada di Kabupaten Tulungagung, guna meningkatkan peran aktif dan kesadaran masyarakat tekait pengelolaan sampah.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Sumber : Antara