Polisi Bareng TNI Bersih-Bersih Sampah di Pasar Besar Madiun

Polisi membersihkan sampah di Pasar Besar Madiun, Kamis (21/2 - 2019). (Istimewa/Polres Madiun Kota)
21 Februari 2019 22:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Kota Madiun disambut dengan kegiatan bersih-bersih di Pasar Besar Madiun (PBM), Kamis (21/2/2019) pagi. Ada 270 personel Polri dan TNI diterjunkan untuk membersihkan sampah di pasar tradisional terbesar di Kota Pecel.

Para anggota Polri dan TNI ini mengambil sampah demi sampah di kawasan PBM. Kemudian sampah-sampah itu dimasukkan ke tong sampah. Kegiatan membersihkan sampah dari mulai perempatan tugu hingga PBM tersebut sengaja dilakukan para anggota TNI dan Polri itu untuk mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan kepada masyarakat.

Untuk membersihkan sampah-sampah yang banyak berserakan, mereka membawa sapu lidi dan tong sampah. Setelah sampah terkumpul kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

Kapolres Madiun AKBP Nasrun Pasaribu mengungkapkan melalui kerja bakti ini diharapkan bisa menggerakan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

"Kerja bakti pembersihan sampah di pasar ini tentu juga membantu warga yang berjualan di pasar tersebut karena lingkungan tempat berjualannya menjadi bersih," kata Kapolres.

Kepala Bagian Perencanaan dan Anggaran Polres Madiun Kota, Kompol Muhammad Zaini, mengatakan kegiatan bersih-bersih juga melibatkan masyarakat sekitar. Mereka secara bersama-sama membersihkan sampah-sampah yang berserakan di lokasi pasar.

Dipilihnya Pasar Besar Madiun karena pasar tradisional tersebut merupakan tempat berkumpulnya masyarakat sehingga sangat tepat untuk menyosialisasikan kebersihan lingkungan. Terutama, ungkap dia, di Hari Peduli Sampah Nasional yang telah diperingati sejak tahun 2006 silam.

"Kami berharap kegiatan ini berdampak positif kepada masyarakat. Minimal masyarakat lebih sadar terhadap kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya," ujar dia kepada wartawan.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya