Dispendukcapil Cek Data Kependudukan Warga Binaan LP Madiun, Untuk Apa?

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas - LP) Kelas I Madiun. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
20 Februari 2019 02:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun, Jawa Timur, mengecek data kependudukan seluruh warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP/Lapas) Kelas 1 Madiun.

"Pengecekan dilakukan untuk memastikan seluruh warga binaan lapas telah memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)," ujar Kepala Bidang Pendataan Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun Supriyono kepada wartawan, Senin (18/2/2019).

Dia menjelaskan pengecekan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama telah digelar di LP Madiun pada 17 Februari 2019, sedangkan tahap pengecekan berikutnya masih dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak KPU dan lapas.

Ia menjelaskan, selain bertujuan mengetahui nomor induk kependudukan, kegiatan tersebut juga untuk menyukseskan Pemilu 2019.

Adapun, dalam pengecekan tersebut petugas akan memastikan masing-masing warga binaan telah masuk dalam daftar pemilih tetap dan bisa mengikuti pemungutan suara.

"Sedangkan bagi warga binaan yang belum memiliki NIK akan dilakukan perekaman data," kata Supriyono.

Dispendukcapil akan intensif melakukan koordinasi dengan KPU Kota Madiun dan Lapas Madiun, hal itu agar kegiatan tahap selajutnya berjalan lancar. Sesuai rencana, kegiatan serupa akan juga akan digelar di LP Pemuda Kota Madiun. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara