Pohon Tumbang Timpa Masjid dan Rumah di Magetan

Ilustrasi Angin Ribut (Solopos - Whisnupaksa)
17 Februari 2019 13:05 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Satu masjid dan satu rumah warga di Desa Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, rusak karena tertimpa pohon tumbang, Sabtu (16/2/2019) malam.

Selain itu, pohon tumbang juga menyebabkan sejumlah akses jalan raya di Magetan sempat tertutup. "Hujan deras yang mengguyur wilayah Magetan mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Kami mendata ada di tiga lokasi yaitu di Kartoharjo, Maospati, dan Barat," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, saat dihubungi Madiunpos.com, Minggu (17/2/2019).

Fery menuturkan hujan deras disertai angin menerjang sejumlah wilayah Magetan sejak sore hingga malam hari. Di Desa Kartoharjo, pohon jati berdiameter sektar 80 cm roboh dan menimpa bangunan parkiran masjid di desa tersebut. Bagian depan masjid tersebut pun rusak.

Selain menimpa bangunan masjid, kata Fery, pohon roboh juga mengenai rumah warga di Desa Kartoharjo. Rumah tersebut pun rusak.

Proses pembersihan pohon di Desa Kartoharjo dilakukan Minggu ini. Proses pembersihan dihentikan pada Sabtu malam karena kondisi sudah larut malam dan terjadi kerusakan pada gergaji mesin.

Selain merusak bangunan masjid dan rumah, kata Fery, pohon roboh juga sempat menutup akses jalan penghubung antara Kecamatan Barat dengan Kecamatan Maospati. Pohon berdiameter sekitar 40 cm yang roboh kemudian melintang di jalan penghubung antara Desa Mranggen Kecamatan Barat dengan Desa Sempol Kecamatan Maospati.

"Pohon roboh ini mengakibatkan sempat membuat arus lalu lintas di jalur tersebut tersendat. Kemudian kami melakukan kerja bakti untuk membersihkan pohon yang melintang. Hingga akhirnya jalur bisa dilalui kembali," ujar dia.

Tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa ini. Fery mengingatkan supaya masyarakat lebih waspada dan hati-hati saat hujan deras mengguyur, apalagi di sekitar rumahnya terdapat pohon yang sudah tua.