Permohonan KIA di Kabupaten Madiun Capai 300-400 Keping/Hari

ilustrasi kartu identitas anak. (Solopos/Dok)
13 Februari 2019 16:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menargetkan bisa menerbitkan sebanyak 164.000 kartu indentitas anak (KIA) pada tahun 2019.

"Dari target atau sasaran sebanyak 164.000 anak tersebut, sejauh ini sudah terealisasi sekitar 30 persennya," ujar Kepala Bidang Kependudukaan Dispendukcapil Kabupaten Madiun Achmad Romadhon di Madiun kepada wartawan, Rabu (13/2/2019).

Guna mewujudkan target tersebut, lanjutnya, pihak Dispendukcapil juga intensif melakukan sosialisasi ke masyarakat Kabupaten Madiun melalui berbagai media. Baik media massa maupun melalui sarana lainnya.

Sisi lain, tambah Achmad Romadhon, pihak pemerintah daerah juga telah memberikan dukungan berupa sarana dan prasarana, mulai dari pengadaan blangko hingga mesin cetak untuk mencetak KIA.

Dia mengaku optimistis akan mampu menyelesaikan target pencetakan 164.000 lembar KIA pada akhir tahun 2019 mendatang. Hal itu didukung oleh minat dan kesadaran warga Kabupaten Madiun untuk mengurus KIA bagi anak mereka.

Dia mengungkapkan rata-rata permohonan untuk pengurusan KIA yang masuk ke dinas setempat mencapai kisaran 300 hingga 400 keping kartu per hari.

Romadhon menjelaskkan KIA sangatlah penting sebagai identitas diri yang sah dari seorang anak. KIA juga berfungsi untuk kebutuhan pendaftaran sekolah, keimigrasian, pelayanan kesehatan, hingga ahli waris.

Menurut dia, pemberlakuan KIA telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 2 tahun 2016. Dalam peraturan tersebut disebutkan setiap anak wajib memiliki kartu identitas anak.

Untuk diketahui, Permendagri Nomor 2 tahun 2016 menyebutkan terdapat dua jenis KIA. Yakni KIA untuk anak yang berusia nol sampai dengan lima tahun dan KIA untuk anak yang berusia lima sampai dengan 17 tahun.

Ia berharap, bagi warga yang memiliki anak di bawah usia 17 tahun segera mengurus KIA. Hal itu demi terwujudnya Kabupaten Madiun yang tertib sistem kependudukannya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara