Pemkot Madiun Bakal Bangun Jalur Ring Road di Sisi Timur

Taman lalu lintas Kota Madiun. (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
10 Februari 2019 12:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – Pemerintah Kota Madiun berencana membangun satu jalur ring road di bagian timur. Sehingga nantinya Kota Madiun memiliki dua jalur ring road yaitu di sisi barat dan sisi timur kota.

Saat ini, Kota Madiun telah memiliki jalur ring road di sisi barat. Jalur ring road itu selama ini menjadi jalan utama menuju ke wilayah kota terutama untuk kendaraan-kendaraan besar.

Mengenai rencana pembangunan ring road itu disampaikan Camat Kartoharjo, Tjatoer Wahjoedianto saat kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kecamatan Kartoharjo, Kamis (7/2/2019).

Tjatoer menuturkan untuk pembangunan jalur ring road timur itu dimungkinkan akan dibangun pada tahun 2020. Hal ini sesuai dengan visi misi wali kota Madiun terpilih, Maidi.

"Ada dua fokus utama yang diprioritaskan dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Kartoharjo," kata dia yang dikutip dari siaran pers Pemkot Madiun.

Pembangunan jalur ring road timur ini akan dimulai dari Kelurahan Tawang, Kelurahan Kelun, Pilangbango, Kanigoro, dan masuk ke Kecamatan Taman. Nantinya juga akan ada flyover seperti di jalur ring road barat.

Pembangunan ring road ini penting untuk memudahkan akses transportasi di wilayah itu. Selain itu, jalur ini juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan.

Selain pembangunan jalur ring road timur, Tjatoer mengungkapkan pembangunan tahun depan juga akan difokuskan untuk penanganan banjir di Kelurahan Tawangrejo, Kota Madiun.

"Tahun ini akan dilakukan perbaikan jalan inspeksi sedangkan tahun depan untuk perbaikan plengsengan memakai L-Gutter," jelas dia.

Dalam musrenbang Kecamatan Kartoharjo ada sebanyak 914 usulan yang disampaikan masyarakat dari sembilan kelurahan. Usulan yang disampaikan meliputi pembangunan fisik sarana prasarana di Kecamatan Kartoharjo.