Puluhan Santri Madiun Keracunan Setelah Makan Soto

Puluhan santri Pondok Pesantren Babussalam, Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun diduga keracunan makanan, Sabtu (9/2 - 2019). (Istimewa/Polsek Kebonsari)
10 Februari 2019 10:30 WIB Abdul Jalil Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN – Puluhan santri Pondok Pesantren Babussalam, Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun diduga keracunan makanan, Sabtu (9/2/2019). Para santri ini mengeluh sakit setelah makan makanan berupa soto dan buah melon.

Puluhan santri ini dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh sakit perut dan pusing. Karena diduga keracunan, mereka langsung dibawa ke RSUD Dolopo, Kabupaten Madiun.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Upaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Agung Tri Widodo, mengatakan puluhan santri Babussalam, Desa Mojorejo, mendadak sakit perut pada Sabtu pagi. Pada Jumat (8/2/2019) malam, para santri ini makan soto dan buah melon.

Agung menuturkan ada tujuh santri yang terpaksa menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena kondisinya sudah cukup parah.

Saat ini pihak medis sedang mengambil sampel makanan yang sebelumnya dikonsumsi para santri. Hal ini untuk mengetahui penyebab pasti apa yang menyebabkan para santri keracunan.

"Ini dugaannya keracunan makanan. Untuk itu, tim medis sudah mengambil sampel makanan untuk diperiksa," kata dia, Sabtu.

Kapolsek Kebonsari, AKP Sumardji, mengatakan puluhan santri ini mengalami gejala keracunan seperti mual hingga pusing pada Sabtu pagi. Saat ini yang menjalani perawatan intensif hanya tinggal sebelas santri saja. Sedangkan santri lainnya sudah boleh pulang.

Kepolisian masih melakukan upaya penyelidikan atas penyebab dugaan keracunan ini. Pihaknya akan memeriksa juru masak serta penjual buah melon yang sebelumnya dimakan para santri.