RSUD Dolopo Madiun Tambah Bed untuk Rawat Inap Pasien DB

Ilustrasi pasien. (Solopos/Dok.)
08 Februari 2019 22:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dolopo Kabupaten Madiun, Jawa Timur, menambah fasilitas tempat tidur (bed) untuk mengantisipasi lonjakan atau peningkatan pasien demam berdarah (DB) yang membutuhkan layanan rawat inap di rumah sakit setempat. 

Sejauh ini, pihak RSUD Dolopo Madiun telah menambah 19 tempat tidur. Belasan extra bed itu dibagi di lima ruangan, yaitu empat ruang rawat inap dan satu tempat khusus disiapkan saat terjadi lonjakan pasien DB.

Direktur RSUD Dolopo Purnomo Hadi kepada wartawan, Jumat (8/2/2019), mengatakan selama bulan Januari hingga pekan pertama bulan Februari 2019, RSUD Dolopo telah menerima sebanyak 132 pasien demam berdarah.

"Jumlah tersebut melonjak 13 kali lipat dari tahun sebelumnya di periode sama yang hanya delapan pasien DB," ujar Purnomo Hadi. Adapun, dari 132 pasien DB yang dirawat tersebut, sebanyak 95 persen di antaranya merupakan warga Kabupaten Madiun.

Dia menambahkan bila tempat tidur ekstra yang disiapkan belum cukup karena jumlah pasien terlalu banyak, pihaknya akan mengoptimalkan ruang di lorong rumah sakit.

"Pelayanan sudah semaksimal mungkin. Kami harap keluarga pasien bisa memahami jika terpaksa harus dirawat di lorong rumah sakit," katanya.

Selain menambah sarana tempat tidur. Pihak RSUD Dolopo juga membuat kebijakan menambah petugas jaga dan rawat selama fase kritis masih berlangsung.

Setelah melaksanakan tugas pagi hingga siang, para perawat poliklinik diminta membantu merawat pasien DB pada malamnya. Sistem yang dipakai operan. Meski pasien berlipat, dia menambahkan, kebutuhan obat-obatan masih tercukupi termasuk trombosit dan obat habis pakai lainnya.

Pihaknya berjanji tidak akan menolak pasien DB yang masuk kendati ada keterbatasan ruangan. "Semua harus tertangani dengan baik sesuai dengan SOP layanan rumah sakit setempat," kata dia.

Pihaknya meminta warga untuk menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal agar terhindar dari serangan nyamuk demam berdarah. Terlebih, rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara