65.000 Satpam di Jatim Ikut Jaga Keamanan TPS Pemilu 2019

Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan. (tribratanewspoldajatim.com)
07 Februari 2019 00:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, SURABAYA -- Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur  (Jatim) bakal melibatkan sekitar 65.000 pesonel satuan pengamanan atau satpam dalam pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS) saat digelarnya Pemilihan Umum 2019.

"Satpam nanti akan kami libatkan, terutama di TPS yang ada di sekitar perusahaan-perusahaan, gedung, dan hotel. Akan kami libatkan," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan saat peringatan HUT ke-38 Satpam di Mapolda Jatim, Surabaya, Rabu (6/2/2019).

Luki Hermawan mengatakan kepolisian membutuhkan satuan-satuan pengamanan untuk mempertebal pengamanan di TPS-TPS, terutama dalam membantu menciptakan kondusivitas situasi dan kondisi Jatim saat Pemilu berlangsung.

"Karena sudah terlatih dan terdidik, kami manfaatkan satpam untuk membantu pengamanan di TPS sekitar hotel, gedung, maupun di perusahaan," ujarnya.

Dalam mengatasi kriminalitas, ungkap Kapolda Jatim, anggota satpam memiliki keterbatasan, bahkan tidak diperbolehkan menggunakan senjata seperti petugas kepolisian. Namun, mereka memiliki dasar-dasar dalam mengamankan objek vital sesuai standar operasional prosedur (SOP).

"Yang jelas, mereka ada dasar-dasar dalam mengamankan objek vital di perusahaan dan ada SOP-nya. Kita manfaatkan kemampuan itu, terutama dalam pengamanan di TPS," kata Luki Hermawan.

Sementara itu, Ketua BPD Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Jatim Rudi Dwi Santoso menambahkan penghargaan yang diberikan Kapolda Jatim merupakan prestasi dari anggota satpam.

Prestasi tersebut sesuai dengan tugas di tempat masing-masing, misalnya penghargaan terhadap anggota satpam yang membantu penanganan teroris di WBL (Wisata Bahari Lamongan).

"Ini merupakan bukti prestasi dari anggota satuan pengamanan di tempat tugasnya masing-masing. Anggota satpam yang terdata di Polda Jatim ada sekitar 65.000 orang," ucapnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara