Bawaslu Tulungagung Buka Lowongan PTPS, Ini Syaratnya

Ilustrasi simulasi pemilu. (Bisnis/Rachman)
02 Februari 2019 10:05 WIB Newswire Madiun Share :

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG -- Pendaftaran petugas pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) untuk pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, dibuka 11-21 Februari 2019.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tulungagung Fayakun mengatakan sosialisasi mengenai penjaringan PTPS telah mereka lakukan ke seluruh jajaran panwascam setempat selaku panitia seleksi di masing-masing wilayah.

"Tahapannya bagaimana dan prosedur pendaftarannya seperti apa, sudah kami sosialisasikan semua, termasuk persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi PTPS," katanya di Tulungagung, Jumat (1/2/2019).

Dia menjelaskan proses penjaringan PTPS Tulungagung seperti walking interview yakni menyerahkan berkas dan langsung interview. Namun, hasilnya tidak bisa langsung diketahui pendaftar. Panwascam selaku pansel penjaringan PTPS akan mengumumkan hasil seleksi secara serentak pada 8 Maret 2019.

"Pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi akan dilantik pada 25 Maret," ujar Fayakun.

Fayakun menjelaskan total PTPS yang dibutuhkan sebanyak 3.766 orang, sama dengan jumlah TPS untuk Pemilu 2019 di 19 kecamatan se-Kabupaten Tulungagung.

Mereka selanjutnya akan dikontrak selama sebulan dan mendapatkan bayaran sebesar Rp550.000. "Ini sesuai dengan pasal 90 ayat 1 UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu," ujarnya.

Terdapat sejumlah persyaratan bagi pendaftar PTPS ini, di antaranya minimal usia 25 tahun dan tidak menjadi anggota partai politik, maupun tim sukses calon legislatif dan pasangan calon capres/cawapres.

Mereka harus membuat surat pernyataan tersebut dan ditandatangani di atas meterai. Proses rekrutmen PTPS tidak melalui tes tulis dan hanya menggunakan wawancara saja.

"Jadi yang kami tekankan adalah, PTPS harus netral sehingga pengawasan bisa berjalan maksimal," ucapnya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Sumber : Antara